Minggu, 21 April 2024

HPN 2024, Ketua DPR Ajak Insan Pers Kawal dan Jaga Proses Pemilu

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Puan Maharani Ketua DPR RI mengingatkan pemerintah hati-hati dalam proses evakuasi WNI di Israel dan Palestina. Foto: DPR RI

Puan Maharani Ketua DPR RI mengajak insan pers untuk ikut mengawal proses Pemilu 2024 pada momen Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati setiap tanggal 9 Februari.

Terlebih, peringatan HPN 2024 berdekatan dengan pemilu yang akan dilaksanakan 14 Februari mendatang.

“Informasi terus mengalir deras di tengah kemajuan dunia digital. Pers Nasional harus semakin menguatkan posisinya sebagai media informasi, pendidikan, dan kontrol sosial sehingga publik tidak terjebak pada berita-berita yang menyesatkan,” kata Puan, Jumat (9/2/2024), lewat keterangan tertulis.

Dengan banyaknya berita bohong atau hoaks di tengah gencarnya teknologi informasi, Puan mengajak insan pers mengedepankan praktik jurnalistik yang sehat. Puan meminta media massa dan insan pers selalu menjaga kompetensi dan independensi.

“Karena pers adalah pilar demokrasi keempat yang harus menjunjung tinggi integritas dan komitmen sebagai watch dog demokrasi dan penjaga kedaulatan rakyat,” imbuhnya.

Puan melanjutkan, peran pers sebagai penjaga demokrasi sangat signifikan menjelang pelaksanaan Pemilu 2024. Maka dari itu, dia mengajak media massa dan insan pers mengamalkan jurnalisme sehat dan jurnalisme damai demi terjaganya demokrasi di Indonesia.

“Bagi seluruh insan pers Indonesia, ayo kawal dan jaga proses Pemilu 2024 agar berjalan dengan jujur dan adil. Kedepankan sikap mental sebagai jurnalis yang profesional dengan selalu objektif, bebas dari pengaruh pihak mana pun, jujur dan loyal kepada rakyat,” harap Puan.

Sebagai penyambung informasi, insan pers menurutnya wajib berpihak kepada kebenaran. Masyarakat berhak mendapatkan informasi yang akurat dalam pesta demokrasi lima tahunan.

“Publik memerlukan produk jurnalistik yang berkualitas. Kehadiran pers sangat penting dalam memperkuat dan menyehatkan demokrasi kita,” timpalnya.

Dengan tema Hari Pers Nasional (HPN) 2024 ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa’, insan pers diajak berpartisipasi secara positif pada Pemilu 2024.

Salah satu caranya, dengan menyajikan informasi-informasi mengenai Pemilu secara akurat dan berkeadilan.

“Masyarakat berharap banyak terhadap insan Pers, apalagi banyak bertebaran berita-berita bohong setiap saat. Tugas Media massa dan insan Pers adalah menyajikan informasi yang benar demi mencerdaskan rakyat,” tuturnya.

Sekadar informasi, peringatan HPN 2024 semula akan dilaksanakan di Jakarta tanggal 7-9 Februari 2024. Tapi, karena mempertimbangkan kepentingan nasional yang lebih besar yaitu Pemilu 2024, jadwal peringatan HPN 2024 diundur menjadi tanggal 17-20 Februari mendatang. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
29o
Kurs