Senin, 29 April 2024

Hujan Diprakirakan Mengguyur Sebagian Wilayah Jatim Hari Ini

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memberikan peringatan dini supaya masyarakat mewaspadai cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian wilayah Jawa Timur, Sabtu (24/2/2024) hari ini.

Berdasarkan data yang diterima suarasurabaya.net, cuaca pada pagi hari diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan hingga sedang, sedangkan di siang hingga sore hari, dan dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dengan potensi hujan intensitas ringan hingga lebat, disertai petir.

Pada siang hinnga sore hari hujan diprakirakan akan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi, Bangkalan, dan Pamekasan.

Untuk dini hari, hujan masih akan berlanjut membasahi wilayah Magetan.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 15 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60 hingga 100 persen.

Angin dominan bertiup dari barat ke barat laut dengan kecepatan lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya memprakirakan ada potensi hujan sedang dapat terjadi di sebagian besar Wilayah Perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari barat ke barat laut dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 18 knot (33 kilometer per jam) dan di Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 20 knot (37 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-1.3 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.8 meter dan S. Hindia Selatan Jatim antara 1.0-3.3 meter. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs