Sabtu, 27 April 2024

Hujan Lebat Diprakirakan Mengguyur Sejumlah Wilayah di Jawa Timur pada Pagi hingga Sore Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi. Hujan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Cuaca di sejumlah wilayah di Jawa Timur (Jatim) kembali diprakirakan hujan lebat pada Kamis (28/3/2024) hari ini.

Berdasarkan keterangan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda, hujan lebat diprakirakan mengguyur sejumlah wilayah di Jatim pada pagi hingga sore hati nanti.

Hujan lebat pada pagi hari diprakirakan mengguyur Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, dan Sumenep.

Kemudian hujan lebat pada siang hingga sore hari diprakirakan membasahi Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Probolinggo, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Selanjutnya, cuaca pada malam hari diprakirakan cerah dengan potensi hujan ringan. Sedangkan cuaca pada dini hari nanti diprakirakan cerah dan berkabut.

Sementara itu, suhu udara pada hari ini berkisar 14 hingga 34 derajat celsius. Dengan kelembapan udara antara 60 hingga 100 persen.

Sedangkan angin dominan bertiup dari arah timur ke tenggara dengan kecepatan antara lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim.

Arah angin di Laut Jawa didominasi dari arah tenggara ke Selatan dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 13 knot atau 24 kilometer per jam.

Kemudian ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,1-0,5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0,2-1,0 meter, dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0,5-1,3 meter.
(saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs