Rabu, 29 Mei 2024

Hujan Ringan hingga Sedang Diprakirakan Melanda Sebagian Wilayah Indonesia Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada hujan ringan hingga sedang yang akan mengguyur sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Rabu (28/2/2024).

Melansir dari Antara, wilayah yang diprediksi hujan ringan pada siang hari ini yakni Denpasar, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Palangka Raya, Tanjung Pinang, Bandarlampung, Mataram, Kota Jayapura, Makassar, Padang, Palembang, dan Medan.

Wilayah Serang dan Yogyakarta diprakirakan hujan sedang pada siang hari ini, sedangkan Kota Surabaya dan Kupang diprakirakan hujan petir. Sementara Kota Bengkulu diprediksi hujan petir pada malam hari nanti.

Beberapa wilayah diprediksi akan diselimuti cuaca berawan pada hari ini, di antaranya Jakarta Pusat, Pontianak, Tarakan, Ternate, Manokwari, Mamuju, Kendari, dan Manado.

Sementara itu, beberapa wilayah diprediksi cerah berawan, di antaranya Pekanbaru, Ambon, dan Pangkal Pinang.

Kota Banda Aceh diprediksi cerah pada siang hari ini dengan suhu 23-32 derajat Celcius, begitu pula Kota Samarinda diprakirakan cerah dengan suhu 24-33 derajat Celcius.

Sebelumnya, Dwikorita Karnawati Kepala BMKG meminta masyarakat di tanah air agar tetap mewaspadai terjadinya puting beliung pada bulan Maret hingga April 2024.

“Kemungkinan untuk terjadi puting beliung ini masih terjadi selama Maret. Maret-April lah pancaroba. Jadi itu yang harus diwaspadai. Angin tidak harus memutar, tetapi angin kencang pun juga bisa terjadi,” ujar Dwikorita.

Dia menjelaskan, angin kencang memutar yang terjadi di wilayah Jawa Barat beberapa waktu lalu bisa saja kembali terjadi di wilayah lain Indonesia, dengan kecepatan yang meningkat dan durasi lebih lama. (ant/ike/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs