Kamis, 18 April 2024

HUT ke-105 Damkar Nasional, Mendagri Tekankan Pentingnya Meningkatkan Fungsi Penyelamatan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pertunjukan demo penanganan kebakaran dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, pada Jumat (1/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Tito Karnavian Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia menekankan pentingnya menjaga semangat dan meningkatkan fungsi pemadam kebakaran untuk keselamatan.

Hal itu ia ucapkan seusai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, pada Jumat (1/3/2024).

“Saya sudah sampaikan tadi, termasuk kualitas kompetensi yang akan terus ditingkatkan, karena Kemendagri menjadi pengawas fungsi pemadam kebakaran untuk keselamatan,” katanya sesuai menjadi inspektur upacara.

Upaya penyelamatan cepat dan pencegahan, kata Tito, harus terus dilakukan sebagai bentuk respon cepat mengatasi masalah-masalah kedaruratan.

Pertunjukan memadamkan kebakaran dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, pada Jumat (1/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Tito juga mengatakan bahwa fungsi damkar bukan hanya sebagai petugas pemadam kebakaran, melainkan juga untuk membantu masyarakat atas kejadian atau peristiwa yang membutuhkan bantuan untuk mengatasinya.

“Bahkan misi penyelamatan juga untuk yang ringan-ringan. Seperti masyarakat minta bantuan untuk menyelamatkan kucing, anjing atau melepaskan cincin yang tidak bisa keluar dan lain sebagainya,” jelasnya.

Sementara itu, Laksita Rini Sevriani Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya mengatakan, ke depan pihaknya akan terus memberikan penanganan yang terbaik.

Mobil pemadam kebakaran dalam pertunjukan demo penanganan kebakaran di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional yang diselenggarakan di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, pada Jumat (1/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
Mobil pemadam kebakaran dalam pertunjukan demo penanganan kebakaran di peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional yang diselenggarakan di Lapangan Kodam V Brawijaya Surabaya, pada Jumat (1/3/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Saat ini, DPKP Surabaya mempunyai 411 titik sumur dengan empat hydrant kering, dan ke depan pihaknya berencana menambah hidran lagi.

“Kalau inovasi ke depan kita akan menambah hidran kering itu. Hal ini untuk wilayah yang ada di Surabaya, terutama untuk yang jalan-jalan kecil yang padat penduduk, yang mobil tidak bisa lewat, sehingga akan kita buatkan itu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengucapkan rasa syukur, karena Surabaya telah terpilih menjadi tuan rumah upacara HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional.

“Alhamdulillah, acara pada hari ini semuanya berjalan dengan lancar, sukses juga,” imbuhnya.

Seperti diketahui, dalam seremoni peringatan hari ulang tahun itu, diikuti oleh sebanyak 131 Kabupaten dan Kota di Indonesia yang punya mempunyai Damkar. Selain itu, juga dihardiri oleh Bupati dan Wali Kota se-Jawa Timur.(ris/azw/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs