Rabu, 22 Mei 2024

HUT Satpol PP, Linmas dan Damkar Surabaya Tekankan Pelayanan Humanis Tanpa Kekerasan dan Pungli

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Atraksi petugas DPKP Surabaya terjun kibarkan bendera HUT Satpol PP, Linmas, dan DPKP Surabaya di Balai Kota Surabaya, Jumat (3/3/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-73, Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-64, dan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) ke-104 dilaksanakan dengan seremonial upacara, Jumat (3/3/2023) di halaman Taman Surya Balai Kota Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya berharap seiring bertambahnya usia bisa mendorong para petugas Satpol PP, Linmas, dan Damkar memberi pelayanan masyarakat secara humanis, termasuk menjaga keamanan dan kenyamanan menyambut Pemilu 2024.

“Kita harus semakin humanis dekat dengan masyarakat untuk jaga keamanan, kenyamanan, tahun politik 2024. Sesuai arahan Mendagri RI untuk melibatkan Satpol PP, Linmas, di masing-masing daerah menyambut Pemilu 2024. Menjaga kota tidak bisa kita sendiri, harus melibatkan banyak masyarakat,” papar Eri di Balai Kota Surabaya, Jumat (3/3/2023).

Begitu juga Eddy Christijanto Kepala Satpol PP Kota Surabaya menekankan pada seluruh anggotanya untuk melayani masyarakat tanpa kekerasan.

“Harapan kita untuk Satpol PP ini ke dalam, internal kami, seluruh anggota Satpol PP di kota, di kecamatan, layani masyarakat dengan humanis dan berikan solusi setiap ditemukan permasalahan di lapangan,” ujarnya.

Ia juga melarang keras anggotanya untuk terlibat aksi pungutan liar (pungli). Masyarakat diminta turut mendukung agar tidak memberi dalam bentuk apa pun pada anggota.

“Hindarkan sifat kasar, pungli, kita sekarang harus berubah, Satpol PP harus humanis dan solutif. Masyarakat kami mohon, bantu kami dengan tetap taat terhadap peraturan daerah dan kepala daerah dan saya minta jangan berikan apa pun, dalam bentuk apa pun dengan kepentingan apa pun kepada anggota Satpol PP. Ketika anda tidak berikan apa pun itu sudah membantu kami untuk bisa bertindak profesional, humanis, solutif,” paparnya lagi.

Soal persiapan Pemilu 2024, ia memastikan akan menugaskan dua anggota Linmas tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Anggota Linmas, kita siap. Per TPS dua Linmas, di setiap kecamatan juga kita support. Anggota Satpol PP Juga di kelurahan dan kecamatan. Anggota Linmas cukup,” imbuhnya.(lta/dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Rabu, 22 Mei 2024
28o
Kurs