Sabtu, 27 April 2024

Indonesia Garap Prospek Produk Halal di Selandia Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Masduki Baidlowi Juru Bicara Wakil Presiden saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (25/2/2024). Foto: Antara Masduki Baidlowi Juru Bicara Wakil Presiden saat menyampaikan keterangan kepada wartawan di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (25/2/2024). Foto: Antara

Masduki Baidlowi Juru Bicara Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Jubir Wapres) RI mengatakan Indonesia tengah menggarap prospek produk halal di Selandia Baru melalui hubungan diplomasi dua negara.

“Nilai perdagangan antara Indonesia dengan Selandia Baru itu 50 persen dari nilai-nilai perdagangan yang berhubungan dengan masalah halal,” kata Masduki di Bandara Internasional Auckland, Selandia Baru, seperti dikutip Antara, Senin (26/2/2024).

Ia mengatakan Indonesia-Selandia Baru telah menjalin hubungan dagang produk halal berupa ekspor hasil pertanian hingga daging sapi.

Selain itu, kata Masduki, banyak komunitas Muslim tumbuh di Selandia Baru, sehingga membutuhkan jaminan produk halal menggunakan sertifikasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Untuk itu, kata dia, Ma’ruf Amin Wakil Presiden (Wapres) RI melakukan kunjungan kerja ke Selandia Baru pada 25 Februari hingga 2 Maret 2024, dalam rangka melanjutkan diplomasi halal bagi warga dunia.

Kunjungan kerja itu difokuskan di dua kota Selandia Baru, yakni Wellington dan Auckland untuk menemui sejumlah pejabat penting seperti Christopher Luxon Perdana Menteri Selandia Baru, dan Winston Peters Wakil Perdana Menteri untuk berdiplomasi.

“Ada konsistensi kunjungan Wapres Ma’ruf Amin ke berbagai negara selama ini, sebelumnya ke beberapa negara Eropa dan sekarang ke Selandia Baru. Konsistensi itu adalah cita-cita mengenai bagaimana agar Indonesia menjadi bagian penting hak halal dunia,” ujar Masduki. (ant/azw/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs