Minggu, 19 Mei 2024

Israel Batasi Akses Warga Palestina ke Masjid Al Aqsa saat Ramadan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pasukan keamanan Israel berjaga saat terlibat bentrok dengan warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur (22/4/2022). Foto: Xinhua Pasukan keamanan Israel berjaga saat terlibat bentrok dengan warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur (22/4/2022). Foto: Xinhua

Otoritas Israel menyetujui pembatasan akses ke Masjid Al Aqsa selama Ramadan bagi masyarakat Palestina yang bermukim di Israel.

Pembatasan tersebut disetujui Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel berdasarkan rekomendasi Itamar Ben-Gvir menteri keamanan nasional, meski Shin Bet dinas keamanan memperingatkan pembatasan tersebut akan memperkeruh suasana.

Dilansir Antara pada Senin (19/2/2024), Shin Bet sudah mengeluarkan peringatan soal potensi ketegangan antara warga Palestina di Israel dan pihak kepolisian. Namun, perdana menteri Israel tampaknya tidak peduli.

“Netanyahu menyetujui saran Itamar Ben-Gvir menteri keamanan nasional untuk membatasi akses bagi masyarakat Palestina ke Masjid Al Aqsa saat Ramadhan,” bunyi laporan tersebut.

Pemerintahan Netanyahu akan mengeluarkan peraturan resmi terkait pembatasan tersebut dalam beberapa hari ke depan, menurut laporan media tersebut.

Sejumlah media Israel, termasuk Channel 12, dalam dua hari terakhir mewartakan bahwa Shin Bet memperingatkan pemerintah soal potensi kemunculan ketegangan yang tinggi apabila akses ke Masjid Al Aqsa dibatasi bagi masyarakat Palestina di Israel.

Pembatasan tersebut, menurut Shin Bet, dapat memicu kerusuhan yang lebih besar dari yang terjadi di Yerusalem, Tepi Barat, dan daerah sekitarnya pada 1948 saat pembentukan Israel dideklarasikan.

Sejak serangan Israel ke Jalur Gaza pada Oktober 2023, polisi Israel terus membatasi akses Masjid Al Aqsa bagi masyarakat Palestina di Israel, khususnya bagi mereka yang mengikuti ibadah Shalat Jumat.

Meski demikian, sekitar 25 ribu warga Palestina berhasil masuk Masjid Al Aqsa Jumat (16/2/2024) lalu untuk mengikuti Shalat Jumat pertama di masjid tersebut sejak serangan Israel berlangsung.

Pembatasan Salat Jumat di Masjid Al Aqsa dari Oktober 2023 hingga Jumat kemarin menjadi yang terlama sepanjang sejarah. (ant/ike/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Minggu, 19 Mei 2024
25o
Kurs