Senin, 29 April 2024

Italia Dilaporkan Tengah Dilanda Musim Flu Terparah

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi - Sejumlah warga di Kota Milan, Italia mengenakan masker ketika pandemi Covid-19 pada 28 November 2021. Foto: Reuters

Italia tengah dilanda musim flu paling parah dalam beberapa tahun di negara itu. Menurut data Institut Kesehatan Nasional Italia, sekitar 7,8 juta orang mengalami gejala mirip flu sejak Oktober 2023.

Puncak penularan flu terjadi selama sepekan menjelang tahun baru, kemudian menurun secara perlahan setelahnya.

Tingkat penularan saat ini lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dengan total kasus pada musim dingin kali ini diperkirakan akan melampaui angka 14 juta kasus yang tercatat pada musim dingin 2022-2023.

Jumlah kasus Covid-19 menurun pada bulan ini. Berdasarkan buletin mingguan dari Kementerian Kesehatan Italia pada Jumat (19/1/2024), 9.675 kasus baru terjadi pada periode 11-17 Januari 2024. Angka tersebut kurang dari setengah dibandingkan total kasus baru pada sepekan sebelumnya.

Sementara itu, Italia belum lama ini mengumumkan telah memberikan lebih dari 2 juta vaksin untuk melawan subvarian Omicron XBB.

Pejabat kesehatan Italia memperingatkan bahwa meskipun tingkat penularan influenza musiman dan virus corona tampak sudah mencapai puncaknya, terdapat risiko munculnya varian baru.

Mereka menyerukan kepada masyarakat, terutama warga lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan, untuk berhati-hati.

Pada bulan ini, Kementerian Kesehatan Italia memperpanjang penerapan aturan wajib memakai masker setidaknya sampai 30 Juni mendatang untuk rumah sakit dan panti jompo. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
29o
Kurs