Kamis, 25 Juli 2024

Jamaah Haji Nafar Awal Segera Kembali ke Makkah

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Jemaah haji Indonesia yang mengambil nafar awal sudah menyelesaikan lontar jumrah dan bersiap kembali ke Makkah. Foto: Restu Indah suarasurabaya.net

Sejumlah jemaah Indonesia yang memilih mengambil nafar awal, telah menuntaskan lontar jumrah Ula, Wusta, dan Aqabah.

Dalam pantauan suarasurabaya.net, sebagian besar jemaah haji Indonesia memang mengambil nafar awal. Selanjutnya, jemaah akan bergeser ke Makkah untuk melaksanakan tawaf ifadah.

Untuk jemaah haji plus, ada sebagian yang sudah melaksanakan tawaf ifadah. Selain itu, ada pula yang memilih nafar tsani sehingga melajutkan lempar jumrah pada hari terakhir.

Perlu diketahui, nafar awal adalah jamaah lebih awal keluar dari Mina yakni tanggal 12 Zulhijah sebelum tenggelamnya matahari pada hari tersebut.

Sedangkan nafar tsani adalah jamaah keluar dari Mina setelah menginap selama tiga malam, mulai malam 11, 12, dan 13 Zulhijah.

Sementara itu, karena bus shalawat belum beroperasi, kemungkinan besar jemaah haji Indonesia kembali berjalan kaki dengan jarak 2-5 kilometer.

Meski harus berjalan, namun hal itu tidak menyurutkan semangat jemaah haji, semuanya demi mencapai ridha dari Allah AWT. (saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs