Kamis, 2 Mei 2024

Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Balik Menuju Jakarta Terjadi Hari Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kondisi arus balik di Gerbang Tol Cikampek Utama pada, Senin (15/4/2024) dinihari. Foto: Antara

PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi puncak arus balik Idulfitri 1445 Hijriah terjadi pada, Senin (15/4/2024), dengan jumlah kendaraan yang melalui tol dari GT Kalikangkung ke GT Cikampek Utama diperkirakan meningkat.

“Saat ini memang terjadi kenaikan jumlah kendaraan dari Trans Jawa menuju Jakarta tapi akan jauh lebih meningkat pada Senin,” kata Faiza Riani Marketing and Communication Department Head Jasa Marga di Cikampek, Minggu (14/4/2024) malam dikutip Antara.

Ia mengatakan volume lalu lintas kendaraan per jam dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB dari arah timur Trans Jawa dan Bandung di GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama mencapai 102 ribu kendaraan. “Jumlah ini naik 168 persen dari volume lalu lintas normal,” kata dia.

Menurutnya, padatnya kendaraan terjadi karena ramainya warga yang berkendara dari arah Jawa Tengah menuju Jakarta.

“Ini terjadi karena pemberlakuan one way tapi ada pertemuan dua arus jalan dari Tol Trans Jawa dengan Tol Cipularang di KM 67 Tol Jakarta-Cikampek,” katanya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat yang memiliki kelonggaran waktu agar dapat menunda waktu balik ke Jakarta agar tidak terjadi penumpukan.

Pihaknya memberikan potongan harga kepada masyarakat yang balik ke Jabodetabek pada, Selasa (16/4/2024) dan Rabu (17/4/2024), sebesar 20 persen.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan dapat memastikan kesiapan berkendara sebelum melakukan perjalanan. Mulai dari di memastikan kecukupan saldo e-toll dan BBM, serta memastikan kondisi kendaraan maupun pengendaranya dalam kondisi prima.

“Saat memasuki GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek pengguna jalan diimbau untuk mematuhi rambu dan arahan petugas karena gangguan sekecil apapun yang terjadi akan berdampak pada arus lalu lintas yang ada dan mengakibatkan antrean kendaraan,” katanya. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
27o
Kurs