Rabu, 1 Mei 2024

Jasa Marga: Masih Ada Lebih dari 100 Ribu Kendaraan Kembali ke Jabodetabek pada 15 April

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Gerbang Tol Kalihurip Utama. Foto: Jasa Marga

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division memprediksi ada 40 persen pemudik atau lebih dari 100 ribu kendaraan akan kembali ke Jabodetabek pada Senin (15/4/2024).

“Jasa Marga memprediksi masih ada 40 persen pemudik atau lebih dari 100 ribu kendaraan yang akan kembali menuju Jabodetabek melalui Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama pada H+3 sampai dengan H+4 Idulfitri,” kata Widiyatmiko Nursejati Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division.

Dilansir dari Antara pada Minggu (14/4/2024), pihaknya bersama kepolisian melakukan berbagai upaya rekayasa lalu lintas guna mengurai kepadatan.

Seperti melakukan buka tutup akses rest area jika dibutuhkan, mengoptimalkan gardu transaksi menuju Jakarta di GT kalihurip Utama, serta penambahan alat transaksi pembayaran melalui uang elektronik.

Selanjutnya kanalisasi di Simpang Susun Pasteur untuk memisahkan lalu lintas dari arah GT Pasteur dan GT Cileunyi menuju Jakarta.

Serta mengoperasikan fungsional akses masuk Ruas Tol Jakarta-Cikampek Selatan sampai dengan Kutanegara agar menghindari kepadatan akibat pertemuan lalu lintas dari dua gerbang tol.

Ia mengatakan para pemudik bisa mengoptimalkan lima rest area sepanjang Ruas Tol Padaleunyi dan Cipularang yaitu di KM 149, KM 125 (Padaleunyi), KM 97, KM 88, serta KM 72 (Cipularang).

Adapun jika rest area padat, maka dapat melanjutkan perjalanan dan menggunakan rest area berikutnya.

Selain itu pihaknya juga memastikan kesiagaan petugas di lapangan untuk melakukan berbagai upaya guna menjamin kenyamanan pengguna tol selama arus balik.

Lebih lanjut dirinya mengatakan sampai dengan 14 April pukul 16.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), terpantau peningkatan volume lalu lintas pada Ruas Tol Cipularang-Padaleunyi arah Jakarta, terlihat kepadatan di beberapa titik yaitu Rest Area KM 125 dan KM 97. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs