Jumat, 3 Mei 2024

Joe Biden Tegaskan AS Tidak Akan Ikut Balas Iran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat (kiri) bersama Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel. Foto: Israel GPO Joe Biden Presiden Amerika Serikat (kiri) bersama Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel. Foto: Israel GPO

Joe Biden Presiden Amerika Serikat menegaskan kepada Benjamin Netanyahu Perdana Menteri Israel bahwa pasukan AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi balasan apa pun terhadap Iran.

Hal tersebut dilaporkan oleh lapor CNN, mengutip seorang pejabat senior Gedung Putih.

Dilansir dari Antara pada Minggu (14/4/2024), Korps Garda Revolusi Islam Iran (IRGC) telah meluncurkan serangan masif drone dan rudal ke Israel.

Aksi ini sebagai balasan serangan Israel terhadap gedung konsulat yang berdekatan dengan Kedutaan Besar Iran di Damaskus pada 1 April.

Serangan di konsulat tersebut menghancurkan gedung dan menewaskan tujuh anggota IRGC, termasuk dua jenderal sehingga membuat Teheran bersumpah untuk membalasnya.

Pada Minggu, New York Times melaporkan dengan mengutip dua pejabat Israel, bahwa Iran melontarkan 185 drone, 36 rudal jelajah, dan 110 rudal antar daratan.

Sementara media Israel melaporkan bahwa Israel berhasil mencegat 99 persen drone dan rudal yang ditembakkan Iran dan sedang bersiap memberikan tanggapan yang tegas.

Joe Biden kemudian mengatakan bahwa Washington membantu Israel menjatuhkan hampir seluruh drone dan rudal yang ditembakkan. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
33o
Kurs