Minggu, 28 April 2024

Jokowi Presiden Minta Pengelolaan Air Harus Jadi Konsentrasi Kerja

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden didampingi Olly Dondokambey Gubernur Sulut, sejumlah menteri dan pejabat terkait menjawab pertanyaan wartawan usai melepas benih ikan di Bendungan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). Foto: Antara Joko Widodo Presiden didampingi Olly Dondokambey Gubernur Sulut, sejumlah menteri dan pejabat terkait menjawab pertanyaan wartawan usai melepas benih ikan di Bendungan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, Jumat (23/2/2024). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden saat meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara mengatakan pengelolaan air harus menjadi konsentrasi kerja.

“Ke depan urusan air, urusan energi ini akan menjadi sebuah persoalan besar kalau kita tidak siapkan sekarang,” katanya di Bolaang Mongondow, Jumat (23/2/2024), seperti dikutip Antara.

Indonesia, kata Kepala Negara, memiliki sekitar 4.400-an sungai. Akan tetapi baru 292 sungai yang memiliki bendungan.

Dia mencontohkan, China memiliki sebanyak 98.000 bendungan, Korea Selatan memiliki kurang lebih 20.000 bendungan, sementara Indonesia memiliki 292 bendungan. Presiden pun menyebut Bendungan Lolak bisa menampung sebesar 16 juta meter kubik yang mampu mengairi sawah kurang lebih 2.200 hektare.

“Jadi kalau di provinsi yang lain, di kabupaten yang lain juga kita memiliki bendungan dengan kapasitas yang kurang lebih sama, air yang ada di negara kita akan bisa kita kelola dengan baik sehingga bermanfaat,” katanya.

Bendungan Lolak juga bisa menyediakan air baku bagi masyarakat Bolaang Mongondow yang mereduksi banjir hingga 29 persen.

“Kalau sebelumnya banjir, banjir kemudian ada bendungan, banjir menjadi terkurangi 29 persen. Begitu juga untuk listrik mini hidro,” kata Presiden.

Apalagi, kata dia, berdasarkan informasi dari Olly Dondokambey Gubernur Sulawesi Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow jadi lumbung padinya provinsi tersebut.

“Betul-betul kita mengharapkan Bendungan Lolak bisa bermanfaat bagi kita semuanya,” kata dia. (ant/azw/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs