Minggu, 28 April 2024

Jokowi Presiden Tinjau Kesiapan Alutsista di Pangkalan TNI AU Iswahjudi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden meninjau alutsista TNI AU di Pangkalan Udara Militer Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3/2024). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden mengawali kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Timur, hari ini, Jumat (8/3/2024), meninjau alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI, di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan.

Di situ, Presiden bersama Prabowo Subianto Menteri Pertahanan, Jenderal Agus Subiyanto Panglima TNI, dan Marsekal Fadjar Prasetyo Kepala Staf TNI Angkatan Udara, melihat kesiapan dua unit Pesawat Tempur F-16, dan satu unit Pesawat Tempur T-50.

Dalam penjelasannya kepada Presiden, KSAU mengatakan dua Pesawat F-16 yang ditampilkan adalah F-16 C/D dan F-16 AM/BM.

Marsekal Fadjar Prasetyo bilang, TNI AU sudah meningkatkan kemampuan avionic dan struktur sejumlah Pesawat F-16 AM/BM.

Dengan peningkatan kemampuan itu, Pesawat F-16 AM/BM mampu melaksanakan pertempuran dengan amunisi cerdas berpandu (smart amunition), dan bisa melakukan pertempuran udara di luar jarak pandang (beyond visual range).

“Sama-sama F-16, tapi keduanya berbeda kemampuan karena F-16 AM/BM yang di tengah itu sudah mengalami peningkatan kemampuan avionic dan struktur. Kami menamakan dengan F-16 EMLU. Rencana akan ada 10 pesawat, sekarang baru 7 pesawat,” ujarnya.

KSAU melanjutkan, Pesawat F-16 C/D yang lebih konvensional rencananya juga akan ditingkatkan kemampuannya, untuk mengisi kekosongan selama menunggu Pesawat Tempur Rafale yang dijadwalkan datang tahun 2026.

Sementara itu, Pesawat T-50 buatan Korea digunakan untuk melatih penerbang-penerbang tempur di awal kariernya.

Menurut KSAU, Pesawat T-50 memiliki persenjataan yang cukup mumpuni karena sudah dilengkapi dengan radar dan senjata yang sebelumnya tidak ada.

“Dengan pertimbangan apabila dibutuhkan memerlukan radar akhirnya kami lengkapi dengan radar. Radar di T-50 ini karena terakhir pemasangan lebih canggih dibanding F-16. Tapi, setelah peningkatan akan lebih baik lagi,” tegasnya.

Selain meninjau kesiapan pesawat tempur, Presiden juga menyaksikan penampilan atraksi udara. Sejumlah pesawat udara dan helikopter melakukan aksi pelepasan bantuan dari udara.

“Kami melaksanakan kegiatan dropping yang bisa digunakan dalam operasi perang mau pun operasi militer selain perang,” tandas KSAU.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs