Sabtu, 27 April 2024

Jokowi Resmikan 4 Ruas Jalan Magelang yang Jadi Akses Evakuasi Merapi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jokowi Presiden waktu meresmikan Inpres Jalan Muntilan-Keningar, Sukomakmur dan Petung-Pakis di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (22/1/2024). Foto: tangkapan layar Youtube Biro Pers Setpres

Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI meresmikan empat ruas jalan di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) yang menjadi akses evakuasi penduduk sekitar Gunung Merapi.

“Ruas Muntilan-Keningar, Sukomarmur ini adalah akses evakuasi untuk Merapi, sehingga perlu saya lihat, saya tunjuk dan sudah selesai,” kata Jokowi dalam peresmian Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Magelang, Senin (22/1/2024).

Melansir Antara, perbaikan empat ruas jalan tersebut, yakni Muntilan, Keningar, Sukomakmur dan Petung Pakis di Kabupaten Magelang ini merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Jawa Tengah.

Presiden merinci bahwa anggaran Inpres Jalan Daerah untuk perbaikan dan pembangunan jalan pada tahun 2023 dialokasikan sebesar Rp14,6 triliun.

Khusus untuk Jateng, pemerintah menganggarkan sebesar Rp1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan.

Sementara untuk Kabupaten Magelang, empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer yang diresmikan Presiden ini menggunakan anggaran Rp31,9 miliar.

Jokowi menjelaskan bahwa Kementerian PUPR membangun ruas jalan tersebut tidak dengan aspal, melainkan rigid beton agar lebih awet, mengingat banyak truk pasir yang melintas.

“Kita harapkan dengan dibangunnya jalan ini tidak dengan aspal, tapi dengan rigid beton ini akan memberikan keawetan, karena yang lewat di sini adalah truk-truk pasir besar-besar sehingga dibangun dengan rigid beton. Kita harapkan ini lebih awet,” kata Presiden.

Ia juga berharap ruas-ruas jalan lainnya di Jateng bisa lebih mulus dan lebih baik untuk dilintasi. Oleh karena itu, Kepala Negara juga akan meninjau ruas jalan lainnya dalam kunjungan kerja hari kedua di Jateng, Selasa (23/1/2024) besok. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs