Jumat, 14 Juni 2024

Jokowi Tegaskan Indonesia Siap Salurkan Bantuan ke Gaza lewat Udara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden menyaksikan peragaan pengiriman bantuan kemanusiaan lewat udara, Jumat (8/3/2024), di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo (Jokowi) Presiden mengatakan, Pemerintah Indonesia akan segera mengirim bantuan kemanusiaan untuk Warga Palestina di Gaza, melalui jalur udara dengan Pesawat Hercules TNI AU.

Pernyataan itu disampaikan Presiden, siang hari ini, Jumat (8/3/2024), usai meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah, di Kabupaten Madiun, Provinsi Jawa Timur.

Sebelum acara di Kabupaten Madiun, Jokowi meninjau simulasi pengiriman bantuan lewat udara di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan.

Dalam simulasi, sejumlah Pesawat Hercules dan helikopter melakukan aksi melepas heli box dari ketinggian tertentu.

“Tadi saya melihat peragaan menurunkan bantuan yang akan segera dilakukan di Gaza karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza untuk Rakyat Palestina lewat udara. Karena lewat darat sudah sulit,” ujarnya.

Kepala Negara menegaskan, Pemerintah Indonesia berkomitmen memberikan dukungan kepada Rakyat Palestina. Harapannya, bantuan Indonesia bisa meringankan beban Warga Palestina.

Sekadar informasi, Pemerintah bersama berbagai elemen masyarakat Indonesia sudah beberapa kali mengirim bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Senin (20/11/2023), sebanyak 21 ton bantuan berupa obat-obatan, perlengkapan rumah sakit, makanan, dan keperluan lain, diangkut dua unit pesawat, dari Pangkalan Udara Militer Halim Perdanakusumah, Jakarta.

Bantuan senilai Rp31,9 miliar itu diturunkan di Al Arish, Mesir, lalu dibawa ke perbatasan Rafah, kemudian disalurkan ke Gaza.

Sebelumnya, tanggal 4 November 2023, Indonesia mengirim 51,5 ton bantuan berupa alat kesehatan dan makanan untuk Warga Palestina di Gaza.

Bantuan tersebut diserahterimakan ke Bulan Sabit Merah Mesir, kemudian diteruskan ke Badan PBB untuk Pengungsi Palestina, dan disalurkan kepada warga yang menderita akibat kebiadaban Israel. (rid/bil/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
28o
Kurs