Selasa, 30 April 2024

Jokowi Tunjuk Mantan Ajudannya sebagai Kepala Staf Angkatan Udara

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden meninjau alutsista TNI AU di Pangkalan Udara Militer Iswahjudi, Magetan, Jawa Timur, Jumat (8/3/2024). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menunjuk Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) untuk menggantikan Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang segera memasuki masa purna tugas dari militer.

Merujuk Pasal 53 Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia (TNI), prajurit melaksanakan dinas keprajuritan sampai usia paling tinggi 58 tahun buat perwira, serta 53 tahun untuk bintara dan tamtama.

Ari Dwipayana Koordinator Staf Khusus Presiden mengatakan, Jokowi sudah menerbitkan Surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024.

“Keppres ditandatangani tanggal 25 Maret 2024 berisi pengangkatan Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru, dan pemberhentian dengan hormat Marsekal Fadjar,” ujarnya di Jakarta, Selasa (2/4/2024).

Menurut Ari, Keppres tersebut mulai berlaku pada tanggal pelantikan yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat, di Istana Negara, Jakarta.

Sekadar informasi, Marsekal Madya Tonny Harjono adalah lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1993 yang sekarang menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II.

Sebelumnya, Tonny pernah bertugas sebagai ajudan Jokowi Presiden tahun 2014-2016, dan Sekretaris Militer Presiden tahun 2020. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs