Kamis, 2 Mei 2024

Jumat Ini Pergerakan Arus Mudik dari Jakarta Dimulai

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Komisaris Besar Polisi Latif Usman Direktur Lalu Lintas Polda Jatim. Foto: Denza suarasurabaya.net

Kombes Pol Latif Usman Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya memprediksi bahwa pada Jumat  (5/4/2024) siang ini pergerakan kendaraan arus mudik dari Jakarta khususnya menuju ke arah timur dimulai.

“Diperkirakan pada setelah salat Jumat ini diperkirakan pergerakan ke arah timur khususnya sudah mengalami peningkatan,” katanya saat ditemui di Jakarta, Jumat, dikutip Antara.

Latif menjelaskan penerapan satu arah pada arus mudik tertuang dalam surat keputusan bersama (SKB) telah dilakukan dari kemarin sudah disosialisasikan dan dari pagi pihaknya juga sudah melakukan tindakan.

“Selain itu nanti jam 14.00 WIB diharapkan sudah tidak ada truk sumbu roda tiga yang beroperasional,” katanya.

Latif juga menambahkan untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan di Gerbang Tol Cikunir, telah dioperasikan Tol Cimanggis-Cibitung

“Selama ini Cikunir menjadi titik simpul mudik tetapi sekarang ada lagi ke Tol Cimanggis-Cibitung ini sudah dioperasionalkan kemarin, yaitu secara fungsional, operasional mulai dari jam 06.00 WIB sampai jam 17.00 WIB,” katanya.

Selanjutnya, menurut Latif, kepadatan akan terjadi pada pukul 15.00 WIB. Selanjutnya setelah waktu Maghrib atau sekitar pukul 18.00 WIB kepadatan akan semakin tinggi.

Sebelumnya, Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri mengatakan bahwa pada H-7 Lebaran, pemudik sudah meninggalkan Kota Jakarta.

Terjadi kenaikan arus mudik di Tol Jakarta-Cikapek sebesar tujuh persen pada Kamis (4/4/2024).

“Kenaikan arus ini merupakan dampak dari adanya diskon tarif tol sebesar 20 persen yang diberlakukan pemerintah mulai sejak 3 April sampai 5 April 2024 pukul 05.00 tadi pagi,” katanya. (ant/azw/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs