Minggu, 19 Mei 2024

KAI Daop 8 Operasikan Tiga Kereta Tambahan dari Stasiun Malang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Para penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api di Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024) Para penumpang yang akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api di Stasiun Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (7/5/2024). Foto: HO-Humas Daop 8 Surabaya.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mengoperasikan tiga kereta api tambahan keberangkatan dari Stasiun Malang, Jawa Timur, pada masa libur panjang peringatan Kenaikan Isa Al Masih pada 9-12 Mei 2024.

Luqman Arif Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, dengan adanya tiga kereta api tambahan yang beroperasi pada masa libur panjang tersebut, secara keseluruhan ada 11 kereta api yang diberangkatkan dari Stasiun Malang.

“Terdapat tiga kereta api tambahan yang beroperasi, sehingga total ada 11 kereta api dengan keberangkatan dari Stasiun Malang,” kata Luqman dilansir Antara, Selasa (7/5/2024).

Ia juga menjelaskan, dengan adanya penambahan jumlah kereta api yang beroperasi dari Stasiun Malang tersebut, maka KAI Daop 8 Surabaya menyediakan kurang lebih sebanyak 5.600 tempat duduk setiap harinya.

Menurutnya, dengan jumlah tempat duduk tersebut, diharapkan KAI Daop 8 Surabaya bisa mengakomodir kebutuhan pelanggan pada masa libur panjang peringatan Kenaikan Isa Al Masih yang menggunakan layanan kereta api.

“KAI siap mengakomodir kebutuhan pelanggan yang akan menggunakan transportasi kereta api dalam melakukan mobilisasi selama libur panjang tersebut,” ucapnya.

Selain itu, kata Luqman, tiga keret api tambahan yang dioperasikan pada masa libur panjang kali ini adalah Kereta Api Malabar relasi Malang-Bandung dengan waktu keberangkatan pukul 05.40 WIB dan Kereta Api Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng Malang PP keberangkatan pukul 05.25 WIB.

Kemudian, Kereta Api Malioboro Ekspres relasi Malang-Purwokerto dengan waktu keberangkatan pukul 21.10 WIB. Masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi kereta api, bisa melakukan pemesanan tiket salah satunya melalui aplikasi Access by KAI.

“Selain itu, bisa melalui laman kai.id, dan seluruh ‘channel’ penjualan ‘online’ resmi lainnya. Adapun loket di stasiun hanya melayani penjualan tiket berangkat langsung mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api,” tambahnya.

Berdasarkan data pada Selasa (7/5/2024), KAI Daop 8 Surabaya mencatat ada sebanyak 12.383 pelanggan yang berangkat dari Stasiun Malang pada periode 8-12 Mei 2024. Jumlah tersebut, masih akan meningkat seiring dengan penjualan tiket yang masih berlangsung.

Lebih lanjut, KAI mengimbau bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan transportasi kereta api agar segera melakukan pemesanan tiket agar bisa mendapatkan kereta api dan tanggal keberangkatan sesuai dengan rencana.

Namun apabila kereta api dan tanggal keberangkatan yang diinginkan telah penuh, masyarakat dapat memanfaatkan fitur kereta lanjutan (connecting train) yang tersedia pada aplikasi Access by KAI. Fitur tersebut dapat melakukan kombinasi jadwal kereta yang bersifat lanjutan. (ant/sya/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version