Senin, 29 April 2024

KAI Evakuasi Lokomotif KA Pandalungan yang Anjlok dari Rel di Tanggulangin

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Lokomotif kereta api Pandalungan yang keluar dari jalur rel di wilayah Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net Lokomotif kereta api Pandalungan yang keluar dari jalur rel di wilayah Tanggulangin, Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

PT. Kereta Api Indonesia (KAI) saat ini fokus melakukan evakuasi lokomotif Kereta Api (KA) Pandalungan yang anjlok dari relnya di Tanggulangin, Sidoarjo, pada Minggu (14/1/2024).

Luqman Arif Manajer Humas KAI Daop 8 mengatakan, evakuasi itu akan diupayakan secepat mungkin agar jalur kereta api bisa kembali normal seperti semula.

“Untuk penyebab ada tim sendiri yang masih melakukan investigasi. Yang jelas, konsentrasi utama kami adalah lokomotif dan kereta yang anjlok, serta normalisasi jalur,” katanya saat dihubungi suarasurabaya.net

Beberapa tim dari Malang, lanjutnya, saat ini juga merapat ke lokasi untuk ikut melakukan evakuasi. Selain itu, pihaknya juga mendatangkan crane dari Solo untuk mempercepat evakuasi jika dibutuhkan nanti.

“Semoga bisa teratasi secepatnya, tapi mudah-mudahan dengan pengerahan segala sumber daya, baik manusia, alat, itu bisa mempercepat prosesnya,” tuturnya.

Kondisi di dekat lokasi kejadian kereta api keluar rel di Tanggulangin Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net
Kondisi di dekat lokasi kejadian kereta api keluar rel di Tanggulangin Sidoarjo, Minggu (14/1/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Sementara itu, sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan, KAI Daop 8 Surabaya melakukan perubahan pola operasi dari lintas Bangil memutar lewat Malang dan Kertosono.

Adapun kereta api yang perjalanannya terdampak dan melakukan perubahan pola operasi perjalanan, antara lain KA Ranggajati relasi Jember – Surabaya Gubeng – Cirebon. Kemudian KA Logawa relasi Jember – Surabaya Gubeng- Purwokerto.

Sedangkan kereta api yang dibatalkan perjalanannya, meliputi KA Arjuno Ekspres relasi Surabaya Gubeng – Malang.

Merespon kejadian itu, KAI juga menyediakan bus dari Stasiun Bangil dan Stasiun Sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun pemberhentian selanjutnya. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs