Senin, 17 Juni 2024

Kemenag Berangkatkan 8.974 Jemaah Haji Indonesia ke Jeddah pada Sabtu

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Jemaah haji Indonesia beranjak dari hotel di Misfalah Makkah menuju Masjidil Haram, menggunakan bus sholawat nomor 19 pada Jumat (24/5/2024). Foto: Restu Indah suarasurabaya.net

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) RI memberangkatkan sebanyak 8.974 jemaah haji Indonesia ke Jeddah, Arab Saudi pada hari keempatbelas operasional haji Indonesia, Sabtu (25/5/2024).

Seluruh jemaah haji yang tergabung ke dalam kelompok tersebut akan diterbangkan langsung menuju King Abdul Aziz International Airport (KAAIA) Jeddah, dan akan langsung bertolak menuju Makkah.

“Hari ini terdapat 23 kelompok terbang dengan jumlah jemaah haji 8.974 orang, akan diterbangkan ke Jeddah,” kata Widi Dwinanda Petugas Media Center Haji (MCH), seperti dilansir Antara.

Secara rinci, ia menyebutkan seluruh jemaah haji yang diberangkatkan hari ini berasal dari berbagai embarkasi, di antaranya embarkasi Medan (KNO) sebanyak 720 orang atau dua kloter, embarkasi Batam (BTH) sebanyak 350 orang atau satu kloter dan embarkasi Palembang (PLM) sebanyak 450 orang atau satu kloter.

Selanjutnya, embarkasi Padang (PDG) sebanyak 393 orang atau satu kloter, embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG) sebanyak 1.320 orang atau tiga kloter, dan embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 900 orang atau dua kloter.

Kemudian, embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) sebanyak 440 orang atau satu kloter, embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1.440 orang atau empat kloter, embarkasi Kertajati (KJT) sebanyak 440 orang atau satu kloter dan embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 1.484 orang atau empat kloter.

Selanjutnya, embarkasi Banjarmasin (BDJ) sebanyak 320 orang atau satu kloter, serta embarkasi Lombok (LOP) sebanyak 393 orang atau satu kloter.

Selain itu, dia menyebut terdapat pula satu kloter terakhir jemaah haji yang diterbangkan ke Madinah, mereka adalah jemaah asal embarkasi Solo (SOC) dengan jumlah 360 orang atau satu kloter.

“Sehingga total 22 kloter dengan jumlah jemaah haji yaitu 8.548 orang yang hari ini diterbangkan ke Tanah Suci,” tandasnya.

Lebih lanjut, Kemenag menyampaikan kepada seluruh jemaah haji Indonesia untuk tidak ragu dan segan dalam meminta bantuan kepada para petugas, baik sebelum keberangkatan, saat berada di pesawat, maupun setelah tiba di Arab Saudi jika memiliki kesulitan dalam melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, Kemenag juga mengimbau seluruh jemaah haji untuk mengunduh aplikasi Pusaka Superapp yang diterbitkan oleh Kemenag RI, untuk dapat mengakses buku panduan ibadah haji, buku panduan ibadah haji lansia, serta video praktik manasik haji guna memudahkan proses ibadah haji. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs