Minggu, 28 April 2024

Kemenag Sebut Layanan Pernikahan Semua Agama di KUA Diterapkan Bertahap

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi Pernikahan. Foto: Pixabay

Abu Rokhmad Plt Sekjen Kementerian Agama (Kemenag) menyebut program layanan keagamaan bagi semua umat beragama di KUA bisa segera dilaksanakan.

Sementara untuk layanan perkawinan semua umat beragama di KUA, akan diterapkan secara bertahap.

“Layanan keagamaan yang inklusif untuk semua agama dapat dilaksanakan di KUA, tanpa mengurangi peran lembaga keagamaan,” terang Abu Rokhmad dalam laman resmi Kemenag, Selasa (4/3/2024).

Layanan itu mencakup: layanan informasi, administrasi, bimbingan keagamaan, serta pendampingan dan advokasi. Termasuk dalam layanan bimbingan adalah bimbingan dan konseling perkawinan, bimbingan pra nikah (calon pengantin), dan pendaftaran perkawinan.

“Khusus pelaksanaan pelayanan perkawinan di KUA, dilaksanakan secara bertahap dengan memperhatikan kebutuhan umat beragama, kesiapan SDM, dan dukungan managemen,” sebut Abu Rokhmad.

Poin lain yang disepakati dalam rakor ini adalah pentingnya perumusan landasan yuridis, filosifis, sosiologis, dan historis terkait KUA sebagai pusat layanan semua agama. Hal ini akan segera disusun oleh Balitbang dan Diklat Kemenag.

Kemenag, kata Abu Rokhmad, juga akan mengintensifkan koordinasi dengan Kemendagri, utamanya dalam proses pembahasan regulasi.

Untuk itu, Biro Hukum Kemenag akan melakukan identifikasi, inventarisasi, dan penyusunan regulasi yang dibutuhkan. (sya/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs