Selasa, 30 April 2024

Kemlu RI Pastikan Tak Ada WNI Korban Gempa di Taiwan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Sebuah bangunan terhuyung setelah lantai pertamanya runtuh akibat gempa bumi di Hualien, Taiwan, Rabu (3/4/2024). Foto: AP

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam bencana gempa bumi di Taiwan.

“Hasil koordinasi Kemlu dengan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban gempa bumi,” kata Lalu Muhammad Iqbal Juru Bicara Kemlu dilansir Antara, Rabu (3/4/2024).

Dalam laman media sosialnya, KDEI Taipei mengimbau agar seluruh WNI di Taiwan, khususnya di wilayah Hualien, untuk mewaspadai potensi gempa susulan.

“WNI di Taiwan agar mengikuti perkembangan informasi dari otoritas Taiwan maupun Taipei,” kata KDEI.

WNI yang terdampak dan membutuhkan bantuan dapat menghubungi KDEI Taipei melalui nomor hotline +88690132000 dan +886987587000.

Sebelumnya, peringatan tsunami untuk Prefektur Okinawa dikeluarkan setelah gempa magnitudo 7,5 mengguncang Taiwan pada Rabu pagi waktu setempat.

Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat, gempa berasal 18 kilometer selatan barat daya Hualien, Taiwan pada kedalaman 34,8 kilometer.

Dilansir dari The Japan Times, gelombang setinggi tiga meter diperkirakan akan terjadi di beberapa pulau di Jepang. Warga didesak untuk mengungsi dari daerah pesisir. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs