Senin, 17 Juni 2024

Kennedy Capres Akan Ampuni Snowden dan Assange Bila Terpilih

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Robert F. Kennedy Jr. kandidat independen presiden AS. Foto: Getty Images

Robert F. Kennedy Jr. kandidat independen calon presiden AS mengatakan bahwa ia akan memaafkan whistleblower Edward Snowden dan membatalkan tuntutan pidana terhadap Julian Assange pendiri WikiLeaks, bila ia terpilih.

“Pada hari pertama saya menjabat, saya akan memaafkan Edward Snowden dan saya akan membatalkan dakwaan, semua dakwaan, terhadap Julian Assange,” kata Kennedy seperti dilansir Antara pada Sabtu (25/5/2024).

Assange harus dipandang sebagai pahlawan, kata Kennedy, seraya menambahkan bahwa seharusnya ada monumen di Washington untuk Assange dan Snowden.

Awal pekan ini, Pengadilan Tinggi Inggris mengabulkan permohonan Assange untuk menantang upaya ektradisinya ke AS, di mana ia menghadapi tuntutan berdasarkan Undang-Undang Spionase.

Assange dianggap memperoleh dan mengungkapkan informasi rahasia yang mengungkapkan kejahatan perang dan pelanggaran hak asasi manusia yang diduga dilakukan pasukan AS di Irak dan Afghanistan.

Sedangkan Snowden tinggal dalam pengasingan di Rusia, setelah ia membocorkan informasi rahasia tentang program pengawasan AS, yang juga dituduh melanggar UU Spionase. (ant/ike/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
31o
Kurs