Minggu, 28 April 2024

Khofifah Gubernur Menyapa 1000 Seniman dan Pelaku Wisata Jawa Timur

Laporan oleh Verry Firmansyah
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyapa sekitar 1.000 seniman dan pelaku wisata di Gedung Graha Wisata, Disbudpar Jatim pada Rabu (7/2/2024) malam. Foto: Verry Firmansyah suarasurabaya.net Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim menyapa sekitar 1.000 seniman dan pelaku wisata di Gedung Graha Wisata, Disbudpar Jatim pada Rabu (7/2/2024) malam. Foto: Verry Firmansyah suarasurabaya.net

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) hadir dalam “Sapa Insan Budaya dan Pariwisata Jawa Timur”, Rabu (7/2/2024) malam.

Event yang berlangsung di Gedung Graha Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim ini diikuti sekitar 1.000 seniman dan pelaku wisata di provinsi ujung timur Pulau Jawa ini.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkolaborasikan semangat dan cita-cita membangun kepariwisataan dan kebudayaan di Jatim secara masif dan inklusif.

Dalam kesempatan ini, Khofifah mengajak seniman, budayawan, maupun pelaku wisata, untuk berkolaborasi yang bertujuan untuk meningkatkan length of stay atau lama menginap wisatawan.

“Terutama wisatawan yang ada di the cruise (kapal pesiar),” kata Khofifah.

Oleh karena itu, ketika Bromo sudah menjadi daya tarik wisatawan, Khofifah berharap ada perhelatan pentas budaya lain yang bisa membuat para pelancong ini betah lebih lama berada di Jatim.

“Pentas budaya apa yang bisa kita sajikan, lalu seni apa. Dulu sebetulnya oleh Bupati Probolinggo di ujicoba Jatilan, rupanya belum begitu memikat bagi wisatawan,” ucapnya.

Sementara itu, kurang lebih sekitar 50 penghargaan bidang pariwisata dan kebudayaan baik nasional maupun internasional diperoleh Jatim. Meliputi pengembangan desa wisata, peningkatan event pariwisata, promosi pariwisata, pengusulan warisan budaya tak benda.

Kemudian yang paling fenomenal adalah penganugerahan Geopark Ijen menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark pada 2023 lalu.

Selain itu, Gubernur didampingi Evy Afianasari Kadisbudpar Jatim, memberikan apresiasi berupa penghargaan kepada sejumlah kategori.

Mulai kepala daerah pendukung kebudayaan terbaik yang diraih Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi. Juga kepala daerah pendukung pariwisata terbaik yang diserahkan kepada Aries Agung Paewai Pj. Wali Kota Batu.

Kemudian perguruan tinggi yang berkontribusi besar dalam pengembangan seni budaya yang terima Unversitas Airlangga.

Terakhir secara simbolis Gubernur Jawa Timur menyerahkan apresiasi kepada 1.000 seniman jawa timur dan tunjangan kehormatan kepada 240 juru pelihara cagar budaya.

Pemberian penghargaan ini berharap dapat memacu semangat dalam berkarya untuk meajukan senin budaya dan kemajuan pariwisata di Jawa Timur. (vfs/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs