Jumat, 3 Mei 2024

Kominfo Pertimbangkan Pemblokiran Game Free Fire

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Foto: Biro Humas Kemenkominfo

Budi Arie Setiadi  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menyampaikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mempertimbangkan rekomendasi pemblokiran game Free Fire, yang dikhawatirkan berdampak negatif terhadap anak.

Dilansir Antara, Selasa (23/4/2024), Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) serta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) juga telah merekomendasikan pemblokiran game yang dinilai dapat menimbulkan dampak buruk terhadap anak-anak seperti Free Fire.

Seusai menghadiri pembukaan The 10th Asia Pacific Spectrum Management Conference 2024, Budi Arie menyampaikan pentingnya penerapan aturan batas usia dalam mengakses game daring.

Free Fire pokoknya gini loh ya, sama seperti konten-konten, harus ada ratingnya. Film juga kan ada ratingnya, semua umur, 13 atau 17 tahun, dan game juga begitu. Game kan harus ada ratingnya juga,” katanya.

“Kita pernah dari kecil ya, benar tidak? Kita main gim perang-perangan, tinju-tinjuan, ya kan. Tapi, kalau umurnya kurang bisa membuat secara psikologi terganggu,” tambahnya.

Selain itu, Menkominfo turut menekankan pentingnya penerapan aturan batasan usia dalam mengakses game dan konten daring serta peran orang tua dalam memantau anak-anak mengakses game dan konten daring.

“Orang tua juga jangan membiarkan nonton konten yang tidak semestinya,” ucap Budi Arie. (ant/sya/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version