Rabu, 22 Mei 2024

Siswa dan Anggota TNI AL Donorkan Ratusan Kantong Darah dalam Hardikal ke-78

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Siswa dari Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) serta anggota TNI AL mendonorkan ratusan kantong darah dalam Hardikal ke-78. Foto: TNI AL

Anggota Tetap (Antap) TNI Angkatan Laut (AL), Siswa dan Jalasenastri di Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal), Akademi Angkatan Laut (AAL) dan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) mendonorkan ratusan kantong darah pada peringatan Hari Pendidikan TNI Angkatan Laut (Hardikal) Ke-78.

Laksda TNI Eko Wahjono Wakil Komandan Kodiklatal mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah dalam meningkatkan stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan donor darah kali ini, TNI AL bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Surabaya dan PMI Bangkalan,” terangnya pada Jumat (3/5/2024).

Kegiatan sosial donor darah itu, kata dia, merupakan satu dari beberapa rangkaian event peringatan Hardikal ke-78 tahun 2024.

“Ditargetkan ada 800 pendonor dari satuan lembaga pendidikan TNI AL di wilayah Surabaya,” ucapnya.

Sementara itu, Letjen TNI Marinir Nur Alamsyah Dankodiklatal sebelumnya juga mengatakan bahwa selain kegiatan sosial, TNI AL tahun ini juga mengadakan kegiatan bertajuk pendidikan, seperti seminar sains nasional dan lomba Karya Ilmiah Remaja (KIR).

“Ada juga lomba yang diadakan seperti lomba menembak dan panahan. Kemudian event fun bike dan fun run,” ucapnya.

Selain itu, TNI AL juga akan membuat rekor pemecahan MURI mewarnai alutsista yang dilakukan oleh TNI AL dengan tema kemaritiman.

“Kegiatan ini kita kerjakan bersama-sama, simultan. Semua lembaga-lembaga pendidikan Angkatan Laut melaksanakan kegiatan yang dalam rangka hari pendidikan angkatan laut,” tuturnya.

Seperti diketahui, peringatan Hardikal ke-78 tersebut mengangkat tema “Lembaga Pendidikan TNI AL Mencetak Prajurit Jalasena yang Berkarakter, Berintegritas, Profesional dan Modern Dalam Rangka Mewujudkan TNI AL yang Handal dan Disegani”.

Dari seluruh kegiatan peringatan tersebut, fun bike dan donor darah telah dilaksanakan. Selanjutnya, kegiatan-kegiatan lain akan dilakukan secara berurutan di awal bulan ini. (ris/saf/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version