Selasa, 30 April 2024

Korsel dan AS Kecam Pengiriman Rudal Korut ke Rusia untuk Lawan Ukraina

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Potret peluncuran rudal oleh pemerintah Korea Utara. Foto: KCNA

Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan dan Amerika Serikat mengecam keras penyerahan rudal balistik Korea Utara kepada Rusia, yang digunakan untuk perang melawan Ukraina.

Melansir Antara, kecaman itu disampaikan Korsel dan AS melalui percakapan telepon pada, Selasa (10/1/2024), menurut keterangan Gedung Putih.

“Kedua penasihat keamanan mengecam keras penyerahan rudal balistik Korea Utara kepada Rusia, serta penggunaan rudal itu oleh Rusia dengan sasaran Ukraina,” kata Gedung Putih dalam penyataan tertulis.

Sebelumnya, Jake Sullivan Penasihat Keamanan Nasional AS dan Chang Ho-jin Penasihat Keamanan Nasional Korea Selatan, membahas peningkatan kerja sama militer antara Korea Utara dan Rusia serta aksi provokatif Korea Utara di sepanjang Zona Demiliterisasi Korea.

Pembicaraan itu adalah tindak lanjut dari pengungkapan oleh AS bahwa Korea Utara memberikan puluhan rudal balistik kepada Rusia. Beberapa dari rudal itu sudah diluncurkan ke Ukraina pada 30 Desember 2023, kemudian 2 Januari 2024, dan Sabtu (6/1/2024) pekan lalu.

“Mereka menyatakan penyerahan dan penggunaan senjata tersebut menambah penderitaan warga Ukraina, melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, melemahkan rezim non proliferasi (nuklir) global, dan mengancam keamanan wilayah Eropa, Semenanjung Korea, dan Indo-Pasifik,” kata Gedung Putih.

Dalam pembicaraan via telepon itu, kedua pejabat berkomitmen mendukung Ukraina dan rakyatnya.

Kedua belah pihak juga bertekad untuk bekerja sama dalam mengatasi tantangan-tantangan keamanan bersama guna memperkuat perdamaian dan keamanan di Indo-Pasifik dan seluruh dunia. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs