Selasa, 30 April 2024

Korsel: Peluncuran Rudal Korut untuk Timbulkan Guncangan Jelang Pemilu

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Foto yang disiarkan kantor berita Korea Utara pada 25 Maret 2022, memperlihatkan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasongpho-17 milik Korea Utara. Foto: Korean Central News Agency Foto yang disiarkan kantor berita Korea Utara pada 25 Maret 2022, memperlihatkan uji coba peluncuran rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasongpho-17 milik Korea Utara. Foto: Korean Central News Agency

Yoon Suk-yeol Presiden Korea Selatan pada Selasa (2/4/2024) mengatakan Korea Utara berupaya mengguncang masyarakat Korea Selatan menjelang pemilihan umum, dengan menembakkan rudal balistik jarak menengah ke Laut Timur.

Dilansir Antara, Yoon menyampaikan pernyataan tersebut dalam rapat Kabinet Pemerintah Korsel yang diadakan di pusat kota Sejong, beberapa jam setelah Korea Utara menembakkan rudal tersebut dalam peluncuran rudal balistik ketiganya tahun ini.

Rudal tersebut meluncur dengan jarak sekitar 600 kilometer sebelum mendarat di Laut Timur.

“Rezim Korea Utara berusaha mengguncang masyarakat kita menjelang pemilihan umum, sambil terus melanjutkan penembakan rudal dan provokasi militer lainnya,” ujarnya.

Menurut dia, provokasi-provokasi tersebut hanya akan menyatukan dan memperkuat pikiran rakyat Korsel.

Ia juga menyerukan kesiapan yang kuat untuk menghadapi provokasi lainnya.

Dia juga berjanji akan mengucurkan dana darurat tanpa batas untuk jangka waktu yang tidak ditentukan guna menstabilkan kenaikan harga produk pertanian dan peternakan.

Menurut data pemerintah Korsel, inflasi negara tersebut tetap di atas tiga persen untuk bulan kedua berturut-turut pada Maret.

Terutama pada harga produk pertanian, peternakan, dan perikanan naik 11,7 persen dibandingkan pada Maret tahun lalu.

Hal tersebut merupakan kenaikan tertinggi sejak April 2021, ketika harga-harga naik hingga 13,2 persen. (ant/ike/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
29o
Kurs