Senin, 29 April 2024

KPK Sebut Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Rumah Jabatan DPR Lebih dari Dua Orang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Foto : ANTARA Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan. Foto : ANTARA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut kasus dugaan korupsi proyek pengadaan di rumah jabatan DPR tahun 2020.

Ali Fikri Kepala Bagian Pemberitaan KPK mengatakan, Penyidik KPK sudah menaikkan status penanganan kasus tersebut dari penyelidikan ke penyidikan.

Seiring dengan peningkatan status penanganan kasus itu, KPK juga sudah menetapkan tersangkanya.

Menurut Ali, ada lebih dari dua orang tersangka yang terindikasi terlibat korupsi. Tapi, dia belum mengungkap detail siapa nama tersangka dan masing-masing perannya.

Pegawai KPK berlatar jaksa itu menjelaskan, para tersangka diduga melakukan sejumlah pelanggaran dalam proses pengadaan barang dan jasa di proyek tersebut.

“Antara lain dugaan pelaksanaan dilakukan secara formalitas. Padahal melanggar beberapa ketentuan pengadaan barang dan jasa. Ada lebih dari dua orang tersangka,” ujarnya lewat pesan singkat, Senin (26/2/2024).

Akibat perbuatan melanggar hukum yang dilakukan secara bersama-sama, negara mengalami kerugian mencapai miliaran Rupiah.

Sebelumnya, Jumat (23/2/2024), KPK mengumumkan mulainya penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan kelengkapan rumah jabatan di lingkungan Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI.

Penyidikan kasus itu sudah disepakati Pimpinan KPK, pejabat struktural Kedeputian Penindakan KPK, serta Penyidik dan Jaksa Penuntut KPK.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs