Minggu, 28 April 2024

Masyarakat Jawa Timur Diimbau Waspada Bencana Akibat Cuaca Ekstrem hingga Maret

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gatot Soebroto Kalaksa BPBD Jawa Timur (tengah) meninjau langsung sejumlah wilayah yang terdampak banjir di Trosobo Sidoarjo. Foto: Humas BPBD Jatim

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim meminta masyarakat serta BPBD kabupaten atau kota untuk meningkatkan kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem yang masih akan berlangsung hingga Maret 2024.

Ia mengatakan, cuaca ekstrem yang terjadi dalam sepekan terakhir telah mengakibatkan bencana hidrometeorologi di sejumlah daerah. Baik yang berupa, banjir, tanah longsor, angin kencang, angin puting beliung dan bahkan hujan es.

“Kepada masyarakat, kami juga minta untuk berhati-hati, utamanya saat terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Hindari berteduh di bawah pohon. Jangan sampai pohon tempat kita berteduh itu akhirnya patah dan menimpa kita sendiri,” kata Gatot Soebroto Kepala Pelaksana BPBD Jatim dilansir Antara, Kamis (29/2/2024).

Selain itu, khusus terkait potensi bencana angin kencang, Gatot menjelaskan, jika bencana ini telah mengalami peningkatan eskalasi dalam beberapa pekan terakhir.

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Jatim per 28 Februari 2024, dalam dua bulan terakhir, jumlah kejadian bencana angin kencang di Jatim telah mendominasi dengan jumlah 47 kejadian.

Sedangkan, kejadian banjir hanya tercatat 25 kejadian. Disusul angin puting beliung dan tanah longsor yang masing-masing hanya 3 dan 2 kejadian.

Kejadian bencana angin kencang yang cukup besar ini, di antaranya, terjadi di wilayah Sidoarjo dan Kabupaten Pamekasan. Di dua lokasi ini, ratusan rumah mengalami kerusakan dengan kategori berat, sedang dan ringan. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs