Senin, 20 Mei 2024

Merespons Dampak Banjir Trosobo Sidoarjo, BPBD Jatim Cari Solusi Penanganan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Gatot Soebroto Kalaksa BPBD Jawa Timur (tengah) meninjau langsung sejumlah wilayah yang terdampak banjir di Trosobo Sidoarjo. Foto: Humas BPBD Jatim

Luapan Sungai Buntung mengakibatkan banjir di wilayah Sidoarjo. Termasuk di antaranya di Trosobo, Kecamatan Taman.

Dari sembilan RW yang ada di wilayah desa ini, mayoritasnya terdampak banjir. Kondisi terparah di wilayah RW 02, RW 04, RW 05, dan RW 07.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PU SDA untuk meminta bantuan alat berat untuk membersihkan eceng gondok dan sampah di sungai ini,” ujar Gatot Soebroto Kalaksa BPBD Jawa Timur (Jatim) dalam keterangan resminya, Senin (19/2/2024).

Gatot meninjau banjir di Trosobo. Gatot didampingi Heri Achmadi Kepala Desa Trosobo.

“Daerah yang terparah yang lokasinya berdekatan dengan Kali Buntung,” sebut Heri Achmadi.

Dari peninjauan di lokasi, Gatot mendapati eceng gondok yang memenuhi sebagian Sungai Buntung.

Bahkan di wilayah RT 01 RW 07, selain eceng gondok, tumpukan sampah dan tanaman merambat lainnya juga tampak memenuhi bibir sungai.

Selain berkoordinasi dengan Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Jatim, Gatot juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial Jatim untuk pendirian dapur umum.

Hal ini disebabkan sejumlah warga telah ada yang mengungsi di tiga titik, yakni di Masjid Nurul Huda, MI Sunan Ampel, dan TK Sunan Ampel.

“Bagi warga yang merasakan sakit atau gatal-gatal, silakan ke lokasi pengungsian untuk mendapatkan pemeriksaan dan obat-obatan,” ujar Gatot. (saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs