Senin, 29 April 2024

Menaker Jajaki Kerja Sama Bidang Ketenagakerjaan dengan Thailand

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ida Fauziyah Menaker dan Rachmat Budiman Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Ida Fauziyah Menaker (kanan) dan Rachmat Budiman Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand dalam pertemuan di Thailand, Sabtu (17/2/2024). Foto: Antara

Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) melakukan kunjungan kerja ke Thailand bertemu dengan Rachmat Budiman Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand, membahas rencana kerja sama pelatihan dan pemagangan kedua negara di Bangkok, Sabtu (17/2/2024).

“Saya melihat dari kerja sama Indonesia dan Thailand nantinya banyak peluang yang dihasilkan, seperti pengembangan program pelatihan bersama yang relevan dengan kebutuhan pasar kerja di masa depan,” kata Ida seperti dilansir Antara, Minggu (18/2/2024).

Ida menyebut berbagai program pelatihan dan pemagangan yang dapat dilakukan antara Indonesia dan Thailand, seperti pelatihan untuk teknisi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), ahli logistik, tenaga kesehatan dan program pelatihan bahasa Thailand bagi calon pekerja migran.

Dalam pertemuan itu, juga terdapat skema pertukaran tenaga kerja terampil melalui program magang bersertifikat, atau program penempatan kerja dan pemetaan kebutuhan tenaga kerja di Negeri Gajah Putih itu.

kemudian, akan ada pemetaan potensi tenaga kerja terampil dari Indonesia, promosi program penempatan tenaga kerja yang aman bagi kedua negara, serta pentingnya perlindungan untuk pekerja Indonesia yang bekerja di Thailand.

“Saya sangat menghargai berbagai informasi dan wawasan mengenai kebutuhan akan tenaga kerja di Thailand,” jelasnya.

Sementara itu, Menaker mengharapkan kerja sama bidang ketenagakerjaan antara Indonesia dengan Thailand dapat terus terjalin dan berkembang di masa depan.

“Saya yakin kita mampu mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja yang terampil, khususnya di kawasan Asia Tenggara,” kata Ida. (ant/sya/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs