Senin, 17 Juni 2024

Menilik Daftar Barang yang Tidak Boleh Dibawa saat Ibadah Haji

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Sejumlah barang bawaan jemaah yang disita oleh petugas. Foto: Kemenag Jatim

Petugas Macca Road memberi beberapa peringatan terkait barang-barang yang tidak boleh dibawa oleh jemaah haji saat berangkat ke Arab Saudi.

Mengutip pernyataan dari petugas Macca Road yang bertugas di gudang Asrama Haji Surabaya, Jumat (24/5/2024), sejumlah barang yang tidak boleh dibawa oleh jemaah mencakup barang-barang mudah terbakar, senjata api, senjata tajam, dan juga jimat.

Barang-barang tersebut meliputi, pisau, gunting, pemotong kuku, pisau cukur, obeng, palu, tongkat pemukul, pemanas air, patung berbentuk makhluk hidup, kembang tujuh rupa, dan buku primbon.

Selain itu, barang-barang yang mengandung gas, cairan korosif, cairan dalam botol seperti saus, kecap, sambal, makanan berbau menyengat dan gambar-gambar asusila juga dilarang untuk dibawa.

Tiga buah alat penanak nasi atau magic com yang disita petugas. Foto: Kemenag Jatim

Jemaah juga tidak perlu membawa alat masak seperti penanak nasi dan panci elektrik karena Asrama Haji telah menyediakan katering sebanyak tiga kali sehari untuk para jemaah, yakni makan pagi, makan siang dan makan malam.

Namun, apabila jemaah masih merasa lapar, jemaah haji bisa membeli makanan di sentra kaki lima sekitar kawasan Makkah dan Madinah yang menjajakan aneka menu Nusantara.

Petugas saat melakukan pemeriksaan dan menyita barang bawaan jemaah di gudang Asrama Haji Surabaya. Foto: Kemenag Jatim

Petugas haji juga mengingatkan kepada para jemaah untuk tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Apabila jemaah terlanjur membawa uang lebih dari 100 juta rupiah atau mata uang asing dengan nilai setara, maka diwajibkan untuk melapor kepada petugas dan mengisi formulir membawa uang tunai.

Lebih lanjut, petugas haji kembali menegaskan apabila pihaknya menemukan barang-barang terlarang di dalam koper jemaah, maka barang tersebut akan disita, karena dinilai dapat mengalihkan perhatian jemaah dari tujuan utama haji yaitu beribadah. (ike/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
28o
Kurs