Senin, 29 April 2024

Menteri Retno Marsudi Bahas Konflik Timur Tengah dengan Menlu Qatar

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berbicara dalam pertemuan darurat Sidang Majelis Umum PBB untuk membahas aksi ilegal Israel di wilayah pendudukan Palestina, yang digelar di New York, AS, pada Kamis (26/10/2023). Foto : Antara Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berbicara dalam pertemuan darurat Sidang Majelis Umum PBB untuk membahas aksi ilegal Israel di wilayah pendudukan Palestina, yang digelar di New York, AS, pada Kamis (26/10/2023). Foto : Antara

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Republik Indonesia mengadakan pertemuan bilateral dengan Mohammed bin Abdulrahman Al-Thani Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar di Doha, Qatar pada Senin (19/2/2024).

“Saya melakukan pertemuan bilateral dengan PM/Menlu Qatar,” kata Menlu Retno dalam konferensi pers di Doha, Qatar, yang dikutip Antara.

Retno menyebutkan bahwa dalam pertemuan itu, ia dan Abdulrahman Al-Thani secara khusus membahas perkembangan situasi di Gaza. Selain itu, Retno juga bertemu dengan Lolwah Al-Khater Juru Bicara Kemlu Qatar.

Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas kolaborasi Indonesia dan Qatar dalam pemberian beasiswa untuk mahasiswa Afghanistan, terutama untuk perempuan.

Pertemuan bilateral dengan Menlu dan Juru Kemlu Qatar tersebut diadakan di sela-sela pertemuan yang dihadiri Retno di Doha, Qatar, atas undangan Antonio Guterres Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) guna membahas perkembangan situasi di Afghanistan.

Terkait situasi di Afghanistan, Retno menyampaikan beberapa hal, salah satunya tentang sambutan baik Indonesia terhadap laporan Sekjen PBB mengenai situasi di Afghanistan.

Sementara itu, di sela-sela pertemuan tersebut Retno juga bertemu dengan para utusan khusus dari Uni Eropa (UE), Amerika Serikat (AS), Pakistan, Norwegia, Jerman, India, China, dan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

Retno menambahkan bahwa pada malam harinya, ia akan terbang ke Rio de Janeiro untuk menghadiri Pertemuan Menlu G20 di bawah presiden Brasil.

Di Rio de Janeiro, Retno juga akan memimpin Pertemuan Menlu MIKTA (Mexico, Indonesia, Korea, Turki dan Australia), di mana pada tahun ini Indonesia masih menjadi Ketua MIKTA. (ant/azw/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs