Senin, 29 April 2024

Pakar Sebut Wacana Makan Siang Gratis Pakai Dana BOS Bisa Berdampak Buruk pada Gaji Guru Honorer

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sejumlah siswa menyantap makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). Foto: Antara Sejumlah siswa menyantap makanan gratis saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (29/2/2024). Foto: Antara

Sri Lestari Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya menyebut, wacana makan siang gratis menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dapat berdampak pada nasib guru honorer.

“Jika dana BOS dipotong untuk program makan siang gratis justu mengakibatkan gaji guru honorer yang saat ini masih tidak layak menjadi semakin memprihatinkan,” katanya, pada Jumat (8/3/2024).

Selain gaji guru honorer, ia mengatakan bahwa biaya buku, pemenuhan sarana dan prasarana sekolah di Indonesia, salah satunya juga diambil dari dana BOS.

“Karena selama ini dana BOS saja belum cukup untuk memenuhi segala beban anggaran biaya pendidikan,” tuturnya.

Ia mengatakan, program makan siang gratis untuk anak sekolah merupakan hal yang bagus jika outputnya tepat sasaran, karena nantinya anak-anak sekolah bisa mendapatkan jaminan makan siang yang bergizi dan setara.

Tetapi, lanjut dia, program makan siang gratis yang tergolong baru, seharusnya dirancang dengan lebih detail, termasuk dari mana pos anggaran yang akan diambil, sehingga tidak mengambil pos anggaran yang sudah mapan sebelumnya.

“Jangan sampai program makan siang ini kelak justru membebani APBN pendidikan kita yang justru berakibat pada semakin sedikitnya dana pendidikan sehingga berimbas pada kualitas pendidikan kita nantinya,” katanya.

Oleh karena itu, Pakar Pendidikan UM Surabaya itu, menyarankan agar wacana kebijakan mengalokasikan dana bos untuk membiayai program makan siang gratis itu dikaji lebih mendalam lagi.

Seperti diketahui, kabar pertimbangan menggunakan dana BOS untuk membiayai program makan siang gratis janji politik Prabowo-Gibran itu, diutarakan oleh Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian saat meninjau langsung uji coba makan siang gratis siswa SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Banten beberapa hari yang lalu.(ris/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs