Senin, 24 Juni 2024

Parade Surabaya Vaganza Bakal Ceritakan Sejarah Panjang Kota Pahlawan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Surabaya Vaganza sebagai salah satu kegiatan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Surabaya ke-729, Sabtu (28/5/2022). Foto: Tim suarasurabaya.net

Parade bunga dan pawai budaya Surabaya Vaganza, Minggu (26/5/2024) besok, akan menceritakan sejarah panjang Kota Pahlawan.

Hidayat Syah Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, cerita panjang itu sesuai tema yang diangkag kali ini The Chronicle of Surabaya yang belum pernah diangkat sebelumnya.

“Jadi menceritakan Surabaya sebelum era kerajaan, era kolonial, dan Surabaya di era sekarang. Jadi nanti parade mobilnya itu jalan berurutan sesuai dengan era yang diceritakan,” kata Hidayat, lewat keterangan pers, Sabtu (25/5/2024).

Surabaya Vaganza akan digelar mulai pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dengan rute start Tugu Pahlawan sampai Balai Pemuda.

“Karena paginya ada Medic Air Run yang diselenggarakan oleh Fakultas Kedokteran Unair. Nah itu (Medic Air Run) akan melalui rute dari FK Unair sampai ke Jalan Tunjungan, lalu kembali ke FK Unair,” jelas Hidayat.

Peserta pawai mobil hias Surabaya Vaganza kali ini juga tidak melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tapi fokus menggait komunitas, masyarakat umum, swasta, BUMD, dan perguruan tinggi.

Menurut Kepala Disbudporapar itu, antusiasme dari para peserta pawai budaya di tahun ini sangat tinggi. Bahkan ada yang iuran untuk menghias mobil.

“Mereka sangat antusias, bahkan mereka tak segan iuran untuk modal parade nanti. Jadi nanti ada 22 peserta pawai mobil hias, dan 22 peserta pawai budaya. Nantinya mereka berjalan beriringan dari Tugu Pahlawan hingga ke Balai Pemuda,” ujarnya.

Karenanya, dia mengajak masyarakat menyaksikan keseruan Surabaya Vaganza di rute yang sudah ditentukan.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan wakilnya Armuji, jajaran Forkopimda Surabaya hingga tamu delegasi dijadwalkan hadir dalam acara ini.

“Jadi silakan masyarakat datang nikmati Surabaya Vaganza dengan tertib, tapi jangan sampai mengambil bunga sebelum acara selesai,” pungkasnya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 24 Juni 2024
26o
Kurs