Jumat, 3 Mei 2024

PBB: Imbas Serangan Israel, Warga Rafah Mungkin Terpaksa Pindah ke Mesir

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Warga Palestina memeriksa kerusakan gedung apartemen milik keluarga Tubasi dan Al-Sofi pasca serangan Israel ketika bangunan itu menjadi sasaran serangan dan bangunan di sekitarnya rusak di Rafah, Gaza, Minggu (11/2/2024). Foto : Antara Warga Palestina memeriksa kerusakan gedung apartemen milik keluarga Tubasi dan Al-Sofi pasca serangan Israel ketika bangunan itu menjadi sasaran serangan dan bangunan di sekitarnya rusak di Rafah, Gaza, Minggu (11/2/2024). Foto : Antara

Martin Griffiths Kepala Urusan Bantuan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan adanya kemungkinan perpindahan warga Palestina yang terjebak di Rafah ke Mesir, jika Israel tetap bersikeras melancarkan operasi militernya di Jalur Gaza selatan.

Ia menyebut ada lebih dari satu juta orang sebagai pengungsi di Rafah. Mereka berupaya menyelamatkan diri dari serangan udara Israel dan berlindung di tenda-tenda pengungsian.

“Akan menjadi mimpi buruk jika mereka terpaksa menyeberang ke Mesir, jika terjadi serangan Israel terhadap Rafah,” kata Griffiths dalam pertemuan di Jenewa seperti dilansir Antara, Kamis (15/2/2024).

“Gagasan mengevakuasi warga Gaza ke tempat yang aman adalah sebuah ilusi,” ujarnya, menambahkan.

Richard Kozul-Wright Direktur Divisi Strategi Globalisasi dan Pembangunan pada Konferensi Perdagangan dan Pembangunan PBB (UNCTAD) menyatakan bahwa rekonstruksi Gaza memerlukan “Rencana Marshall” yang baru.

Rencana Marshall adalah program Amerika Serikat pada Perang Dunia II 1947 untuk membantu pemulihan ekonomi di banyak negara Eropa yang terdampak.

Menurut Kozul-Wright, tingkat kehancuran di Gaza sudah empat kali lipat dibandingkan kerusakan yang dialami wilayah kantong tersebut selama tujuh minggu perang Israel di Gaza pada 2014.

Memperkirakan rekonstruksi Gaza pasca perang mencapai 20 miliar dolar AS atau sekitar Rp312,9 triliun berdasarkan citra satelit terkini dan informasi lainnya. (ant/dan/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs