Rabu, 17 April 2024

PBB Sambut Keputusan Afghanistan Izinkan Perempuan Masuk Kedokteran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para pembela hak-hak perempuan Afghanistan dan aktivis sipil memprotes seruan kepada Taliban untuk mempertahankan prestasi dan pendidikan mereka, di depan istana kepresidenan di Kabul, Afghanistan pada September lalu. Foto: Dok/ Reuters

Misi Bantuan PBB di Afghanistan (UNAMA) pada Kamis (22/2/2024) menyambut keputusan pemerintah sementara Afghanistan untuk membolehkan perempuan lulusan sekolah menengah masuk ke perguruan tinggi kedokteran yang dikelola negara mulai tahun ajaran baru, pada Maret 2024 mendatang.

“UNAMA menyambut baik keputusan otoritas de facto Afghanistan yang membolehkan siswi perempuan masuk perguruan tinggi kedokteran di 11 provinsi,” sebut misi PBB pada unggahan di X, mengatakan tindakan tersebut sebagai sebuah langkah dalam mengatasi kesenjangan layanan kesehatan yang mengkhawatirkan di negara yang dilanda perang.

“Perempuan dan anak-anak perempuan memerlukan akses penuh terhadap pendidikan menengah dan universitas,” tambah unggahan itu.

Menurut keterangan dari salah seorang juru bicara Kementerian Informasi kepada Anadolu lewat telepon, dilansir Antara, menyatakan, proses pendaftaran telah dimulai di 11 provinsi Afghanistan, menyusul arahan dari Kementerian Kesehatan Masyarakat.

Dengan keputusan tersebut, tambahnya, siswi yang telah menyelesaikan kelas 12 dapat mendaftar masuk ke perguruan tinggi kedokteran di provinsi Kapisa, Paktia, Parwan, Panjshir, Paktika, Bamyan, Badakhshan, Ghazni, Maidan Wardak, Khost, dan Logar.

Pemerintah sementara Taliban telah menghadapi kritikan karena melarang anak-anak perempuan mendapatkan pendidikan setelah kelas 6 dan melarang perempuan bekerja baik di sektor publik maupun swasta sejak mereka kembali berkuasa di Afghanistan pada Agustus 2021. (ant/azw/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
29o
Kurs