Kamis, 25 Juli 2024

Pelindo Jamin Layanan Kepelabuhanan Optimal Selama Libur Lebaran

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Aktivitas di terminal penumpang Pelindo Ilustrasi - Aktivitas di terminal penumpang Pelindo. Foto: HO-Pelindo

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo memastikan kegiatan kepelabuhanan sepenuhnya berjalan optimal selama periode libur Lebaran 2024 pada 8-15 April 2024.

Ardhy Wahyu Basuki, Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo mengatakan, momentum libur panjang tersebut berpotensi mendorong peningkatan pergerakan masyarakat untuk melakukan perjalanan lewat jalur laut.

“Fasilitas yang ada di pelabuhan dioptimalkan, sumber daya manusia ditingkatkan dan solusi logistik terbaru diterapkan untuk memastikan kegiatan layanan di seluruh wilayah operasional Pelindo berjalan lancar,” kata Ardhy dalam keterangannya, Sabtu (6/4/2024) dilansir Antara.

Saat memasuki H-6 Lebaran 2024, Pelindo mencatat jumlah pemudik yang menggunakan layanan terminal penumpang mencapai 546.261 pemudik. Terminal penumpang tersibuk, yaitu Terminal Tanjung Perak, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Makassar, dan Ambon.

“Fasilitas-fasilitas seperti ruang tunggu penumpang, ruang tidur penumpang, mushala, toilet, ruang laktasi, dan personel keamanan disiapkan untuk menjamin para penumpang tetap aman, sehat, dan lancar” katanya.

Sementara itu, pada sisi arus kendaraan, Tanjung Perak menjadi yang paling sibuk dengan arus kendaraan sebanyak 12.254 unit, disusul Lembar dengan 7.958 unit kendaraan, dan Banten dengan 5.794 unit kendaraan.

Adapun, pelindo juga memastikan standar layanan yang sama telah diterapkan dengan penerapan sistem dan aplikasi digital.

“Di sisi laut tersedia aplikasi Phinnisi yang terintegrasi dengan portal Inaportnet Kementerian Perhubungan, sedangkan di sisi darat (terminal) tersedia aplikasi TOS (Terminal Operating System) Nusantara dan PTOS-M (Pelindo terminal operating system multipurpose),” ucap Ardhy.

Ia menjamin sesuai dengan tema mudik Idul Fitri 2024, yakni “Mudik Ceria, Penuh Makna”, Pelindo berkomitmen memberikan layanan (24 jam sehari dan tujuh hari dalam seminggu).

“Koordinasi dengan berbagai pihak termasuk para stakeholder kepelabuhanan terus dilaksanakan demi keamanan dan kenyamanan pengguna jasa,” ucapnya. (ant/sya/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
27o
Kurs