Minggu, 16 Juni 2024

Pemberangkatan Gelombang 2 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Mulai Hari Ini

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi - Petugas membantu melayani jemaah haji Indonesia ketika mendarat di bandara. Foto: Kemenag

Pemberangkatan gelombang 2 jemaah haji Embarkasi Surabaya dimulai hari ini, Jumat (24/5/2024) pagi.

Kelompok terbang (kloter) 47 yang pertama berangkat pukul 04.45 WIB dan sudah keluar asrama sejak Kamis (23/5/2024) pukul 23.30 WIB.

Abdul Haris Sekretaris Pantiia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menjelaskan, kloter 47 adalah kloter pertama jemaah haji gelombang 2 yang diberangkatkan.

“Kloter 47 yang merupakan jemaah haji dari Kabupaten Lumajang,” kata Haris lewat keterangan pers, Jumat (24/5/2024).

Para jemaah sudah diminta memakai baju ihram sejak keluar asrama haji, demi menghindari penumpukan di Arab Saudi.

“Jemaah haji diminta untuk mengenakan kain ihram semenjak keluar kamar di Embarkasi Surabaya, mengingat tidak tersedianya waktu yang cukup dan menghindari penumpukan jemaah saat kedatangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah,” terang Haris lagi.

“Untuk pelaksanaan niat ihram, dapat dilakukan saat di pesawat ketika melewati wilayah Yalamlam atau ketika berada di Bandara King Abdul Aziz Jeddah menjelang keberangkatan ke Makkah,” sambungnya.

Imbauan itu agar tidak berdampak molornya kloter-kloter selanjutnya.

“Bila jemaah haji tidak memakai baju ihram dari embarkasi, maka harus berganti ihram di bandara. Harus bongkar tas dan lain-lain yang membutuhkan waktu lama, yang akibatnya akan terjadi penumpukan jemaah di Bandara Jeddah, dan juga berdampak pada keterlambatan pergerakan ke pemondokan,” sambungnya.

Diketahui, berbeda dengan gelombang satu yang mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah, untuk para jemaah haji gelombang 2 mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah dan melanjutkan perjalanan ke Makkah untuk menunaikan ibadah umrah wajib.

Jemaah haji gelombang kedua akan tinggal di Makkah sampai puncak haji yang akan dimulai dengan wukuf di Arafah diperkirakan jatuh pada Sabtu, 15 Juni 2024.

Selesai berhaji, mereka akan diberangkatkan menuju Madinah untuk melaksanakan ibadah Arbain.

Sementara pemberangkatan gelombang 2 akan berakhir 10 Juni 2024. (lta/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Minggu, 16 Juni 2024
28o
Kurs