Sabtu, 4 Mei 2024

Pemkot Surabaya Alokasikan Rp700 Miliar untuk Tangani Banjir di 2024

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Belasan pengendara roda dua tampak mendorong motornya di Jalan Raya Dukuh Kupang Surabaya, Jumat (28/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengalokasikan anggaran sebesar Rp700 miliar untuk menangani banjir di tahun 2024.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, berdasarkan penandatanganan kesepakatan Dinas Sumber Data Air dan Bina Marga (DSDABM) dan RT/RW serta LPMK, separuh titik banjir di setiap RT/RW akan dituntaskan pada Maret, berupa perbaikan saluran perkampungan.

“Karena di setiap wilayah RT/RW juga mungkin ada 10 titik yang banjir, tapi prioritasnya lima dulu yang dikerjakan. Ini yang dikerjakan di 2024 yang InsyaAllah akan kami selesaikan di bulan Maret,” kata Eri, Sabtu (6/1/2024).

Secara garis besar di Surabaya masih ada 250 catchment area atau daerah tangkapan air, dari sebelumnya 350 catchment area, sehingga masih ada kemungkinan genangan muncul di ratusan titik saluran tersier.

“Tahun ini yang kita sentuh adalah 250 catchment area yang menjadi skala prioritas,” ujarnya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Menurutnya, penentuan anggaran penanganan banjir harus melihat skala prioritas, termasuk soal estimasi masa penyelesaiannya.

“Karena tidak bisa satu masalah diselesaikan dalam satu, maka harus punya skala prioritas yang disepakati dengan warga Surabaya,” ucapnya lagi.

Selain perbaikan saluran, mantan Kepala Bappeko Pemkot itu menyebut penyelesaian banjir di Surabaya juga ditunjang dengan pembangunan rumah pompa.

“Di wilayah rendah tidak mungkin air masuk ke sungai yang ada, sehingga diperlukan rumah pompa, karenanya di bangun rumah pompa. Ini fungsinya untuk mencegah munculnya titik banjir yang ada di Kota Surabaya,” kata dia.

Sebelumnya pada, Jumat (5/1/2024), sudah dilakukan peresmian rumah pompa Gresikan Tambaksari di Jalan Gresikan Tambaksari, Kelurahan Ploso, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
30o
Kurs