Senin, 20 Mei 2024

Pemkot Surabaya Kebut Estetika Kota Lama untuk Diresmikan Paling Lambat Awal Juni

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Hidayat Syah Kepala Disbudporapar Kota Surabaya, Selasa (16/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net Hidayat Syah Kepala Disbudporapar Kota Surabaya, Selasa (16/4/2024). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya masih terus mengebut pengerjaan estetika kawasan Kota Lama sebelum nantinya diresmikan, paling lama awal Juni 2024.

Hidayat Syah Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya menyebut, supaya pembangunan selesai sesuai target, sejumlah aktivitas wisatawan bakal dibatasi sementara waktu.

“Kota lama masih dibangun, kami batasi dulu yang mau ke sana, nanti Pak Wali Kota maunya awal Juni (diresmikan),” kata Hidayat, Jumat (19/4/2024).

Dia menjelaskan pengerjaan yang dikebut yaitu menciptakan estetika kawasan yang dikonsep meniru Eropa, dengan melengkapi bangunan-bangunan tua yang masih ada di sana.

“Jadi nanti seperti cobblestone (batu berangkal) sebenarnya untuk seperti Eropa, jalannya pakai batu itu untuk memperlambat (laju) orang, juga estetikanya (supaya) lebih kelihatan,” ucapnya.

Sisanya, lanjut Hidayat, akan disiapkan tenant food and beverage (FnB) untuk melengkapi destinasi wisata jika sudah dirombak.

Ke depan, dia ingin menciptakan zona khusus FnB, selain yang ada di pinggir atau tepi jalan.

“Pinggir jalan, mereka untuk usaha, kita ada spot tertentu di Jalan Meliwis dan segala macam,” imbuhnya.

Untuk itu, Pemkot Surabaya akan berkoordinasi dengan Dishub Surabaya soal rencana pengaturan rute transportasi umum Suroboyo Bus dan Feeder Wira-Wiri yang akan dilewatkan kawasan tersebut. Tujuannya, tentu untuk memudahkan akses wisatawan.

“Jeep juga akan keliling, mulai dari Kantor Pos Kebon Rojo, ke Pecinan dan Ampel,” tandasnya.(lta/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
33o
Kurs