Senin, 27 Mei 2024

Museum Outdoor dan Monumen Mobil Jenderal Mallaby Bakal Dibangun di Taman Sejarah Kota Lama Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Taman Sejarah Surabaya yang akan direvitalisasi dengan museum terbuka dan monumen mobil Jenderal Mallaby. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bakal membangun museum outdoor dan monumen mobil Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern (A.W.S) Mallaby, di Taman Sejarah kawasan Kota Lama.

Iman Kristian Kepala Bidang (Kabid) Bangunan Gedung DPRKPP Kota Surabaya menyebut, museum outdoor itu akan menjelaskan deretan kejadian sebelum pertempuran 10 November 1945.

“Museum outdoornya itu menjelaskan tentang kejadian-kejadian, rentetan sebelum 10 November. Mulai dari kemerdekaan sampai 10 November. Sama (kejadian) yang setelah 10 November,” paparnya lewat keterangan pers Diskominfo Kota Surabaya, Rabu (24/1/2024).

Monumen mobil itu akan dibuat semirip mungkin seperti peristiwa 30 Oktober 1945. Kala itu, Jenderal A.W.S Mallaby hangus terbakar setelah diserang oleh para pejuang Surabaya.

“Jadi di-create (dibuat) seperti waktu Mallaby meninggal di situ,” jelasnya.

Iman juga menyebut, Pemkot saat ini masih mencari CSR mobil Buick 8 yang dikendarai Jenderal Mallaby di momen bersejarah itu.

“Nanti kita datangkan mobil Mallaby di sana (Taman Sejarah), Ini lagi ada opsi mau modifikasi dari mobil apa, atau mau beli mobil yang sama (Buick). Ini ada mobil Buick yang ditawarkan, sudah ada penawarannya,” katanya lagi.

Dalam proses pengerjaannya, Pemkot bakal menggandeng kontraktor salah satu museum kendaraan antik di Batu Jawa Timur.

“Ini kita kemarin hunting kebetulan ada vendor yang bisa modifikasi mobil. Nah, dia menawarkan beberapa mobil, saat ini masih dicarikan CSR-nya,” imbuhnya.

Pembangunan Taman Sejarah, lanjutnya, sudah mulai dikerjakan DPRKPP sejak tahun 2023, secara bertahap, mulai dari fasilitas taman, ornamen, hingga tempat bermain untuk anak-anak.

“Jadi ini teman-teman kan lagi bekerja, dibikin lebih terbuka tamannya,” pungkasnya. (lta/azw/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
25o
Kurs