Senin, 20 Mei 2024

Pengajian Gus Iqdam Isi Rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya Pekan Ini, Simak Pengalihan Arus Lalin

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam Kiri ke kanan: Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dan KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam dari Kabupaten Blitar. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Pengajian bersama KH Agus Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam dari Kabupaten Blitar akan mengisi rangkaian Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, Jumat (10/5/2024) pekan ini.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, rangkaian pengajian dimulai pukul 21.00 WIB di Balai Kota Surabaya.

“Insyaallah tanggal 10 Mei 2024, kita lakukan (pengajian bersama Gus Iqdam) di Balai Kota. Jadi nanti Insyaallah kita akan tutup Jalan Jaksa Agung Suprapto sampai (Jalan Yos Sudarso) depannya DPRD,” kata Eri, Rabu (8/5/2024).

Sementara secara terpisah, Soe Priyo Utomo Sub Koordinator Pengawas dan Pengendalian Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya mengatakan akan ada pengalihan arus di sekitar Balai Kota Surabaya, termasuk menyiapkan kantong-kantong parkir.

“Khusus untuk pengaturan arus lalu lintas, akan dilakukan penutupan Jalan Sedap Malam, karena tamu VIP akan diarahkan melalui Jalan BKR Pelajar dari arah Jalan Wijaya Kusuma untuk menuju area parkir VIP di Jalan Jimerto,” kata Soe Priyo.

Peta lokasi dan Pengaturan arus lalu lintas saat acara Pengajian Gus Iqdam 2024, dalam rangka Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731, pada Jumat (10/5/2024). Foto: Doc Dishub Kota Surabaya

Selain itu, penutupan tersebut akan dilakukan dari Jalan Pemuda dan Jalan Gubernur Suryo menuju Balai Kota Surabaya, dialihkan menuju Jalan Panglima Sudirman.

Sedangkan arus lalu lintas dari Jalan Ngemplak dan Jalan Ketabang Kali atau Taman prestasi menuju Jalan Walikota Mustajab akan ditutup dan dialihkan ke Jalan Genteng Kali atau Jalan Simpang Dukuh.

“Lalu, arus lalu lintas dari Simpang Jalan Jaksa Agung Suprapto sampai Jalan Ambengan menuju Jalan Jaksa Agung Suprapto Selatan ditutup dan dialihkan ke Jalan Ambengan,” katanya.

“Namun, beberapa pengalihan arus ini kondisional tergantung jemaah yang hadir, kalau jemaah banyak yang hadir akan kita tutup. Nanti banyak petugas Dishub yang bertugas untuk pengalihan arus ini,” tambahnya.

Sementara, Jenae Taroreh Kepala UPT Parkir Tepi Jalan Umum Dishub Surabaya menambahkan, bahwa lebih dari 20 titik parkir sudah disiapkan.

“Kami prediksi jemaah yang hadir puluhan ribu, mangkanya kami siapkan banyak titik parkir,” kata Jeane.

Titik parkir berada di Hi Tech Mall, Jalan Ambengan, Jalan Jaksa Agung, Jalan Kecilung, Jalan Pacar, Jalan Wijaya Kusuma, Jalan BKR Pelajar, Jalan Jimerto sisi Barat, Jalan Ngemplak, Jalan Walikota Mustajab, Jalan Slamet, Parkir Grand City, Parkir Delta Plaza, Jalan Ketabang Kali, Parkir WTC Mall, Parkir Bank Mandiri, Jalan Inspeksi, dan parkir Gedung Balai Pemuda.

Selanjutnya, JalanTaman Apsari, Jalan Embong Trengguli, Jalan Embong Kenongo, Parkir Yamaha Land, Jalan Embong Wungu. Selain itu, bisa pula di Jalan Simpang Dukuh, Jalan Genteng Kali, dan juga di Gedung Siola.

“Sedangkan parkir VIP akan kami tempatkan di Jalan Jimerto,” tegasnya.

Peta titik parkir pengajian bersama Gus Iqdam, pada Jumat (10/5/2024). Foto: Dishub Kota Surabaya

Lalu, untuk menghindari terjadinya kemacetan, 200 petugas Dishub akan disiagakan di lapangan untuk mengatur arus lalu lintas dan parkir para jemaah.

“Karena ini jamaah pengajian, saya yakin akan tertib parkir kendaraannya. Semoga berjalan dengan aman, nyaman dan lancar semuanya,” tandasnya.

Adapun, M. Fikser Kepala Satpol PP Kota Surabaya, juga mengatakan, hadil rapat koordinasi (rakor) akan ada 1.970 personel gabungan pengamanan saat pengajian digelar.

“1.970 personel ini tersebar di 13 titik lokasi pengamanan,” ujar Fikser. (lta/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version