Rabu, 19 Juni 2024

Petugas Haji Siap Menyambut Jemaah Indonesia Miqat di Masjid Bir Ali Madinah

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Petugas membimbing jemaah haji lansia melakukan niat umrah di Bir Ali. Foto: Kemenag

Petugas Haji Daerah Kerja (Daker) Madinah yang bertugas di sektor Bir Ali bersiap menyambut para jemaah haji Indonesia 2024 yang akan melakukan miqat di Masjid Dzulhulaifah atau Masjid Bir Ali, Madinah, Saudi Arabia.

Berdasarkan laporan yang diterima suarasurabaya.net, Sabtu (18/5/2024), petugas haji Daker Madinah sektor Bir Ali sudah melakukan orientasi lapangan, pemetaan wilayah, dan menyiapkan petugas yang akan ditempatkan di beberapa titik strategis untuk mengoptimalkan layanan kepada jemaah haji di Masjid Bir Ali.

Diketahui, jemaah haji Indonesia gelombang pertama sudah tiba dan akan menginap selama kurang lebih tujuh hingga delapan hari di Madinah. Kemudian, setelah jemaah haji menyelesaikan ibadah Arbain di Masjid Nabawi, dan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di Madinah, jemaah haji Indonesia akan diberangkatkan menuju Makkah untuk beribadah umrah.

Namun sebelum bertolak ke Makkah mereka akan singgah terlebih dahulu di Masjid Bir Ali, untuk mengambil miqat dan memulai ihram

Setelah tiba di Masjid Bir Ali, jemaah haji Indonesia akan diarahkan ke pintu-pintu khusus bagi jemaah perempuan dan laki-laki untuk berwudhu dan melakukan ihram.

Habiburrahman, petugas Pelayanan Bimbingan Ibadah Haji di sektor khusus Bir Ali memberikan penjelasan mengenai orientasi lingkungan di Masjid Bir Ali sebagai tempat miqat jemaah haji.

Ia mengatakan lokasi toilet laki-laki berada di sebelah kiri masjid. Kemudian, toilet perempuan terletak di sebelah kiri toilet laki-laki dan tertutupi oleh tirai.

Setelah berwudhu, jemaah perempuan akan diarahkan masuk ke Babun Nisa pintu nomor tujuh, delapan, dan sembilan untuk melakukan ihram. Sementara itu, jemaah laki-laki akan diarahkan menuju pintu nomor sebelas, dua belas, dan tiga belas.

Dia juga mengimbau kepada para jemaah untuk cukup melakukan wudhu, Salat Sunnah, dan niat ihram saat berada di Masjid Bir Ali.

Lebih lanjut ia mengatakan, selain di masjid niat ihram juga bisa dilakukan bersama-sama di dalam bus. (ike/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 19 Juni 2024
29o
Kurs