Senin, 29 April 2024

Pimpinan MPR RI Tekankan Pentingnya Mengatasi Kesenjangan Akses Kesehatan bagi Perempuan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Lestari Moerdijat Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat Wakil Ketua MPR RI. Foto: HO-MPR RI

Lestari Moerdijat Wakil Ketua MPR RI meminta kesenjangan upaya pencegahan dan pengobatan kanker, khususnya untuk menyelamatkan kehidupan perempuan Indonesia, harus segera diatasi dalam rangka pemberdayaan para ibu yang melahirkan generasi penerus bangsa di masa depan.

Menurut Lestari, penyakit kanker adalah salah satu momok kehidupan yang berdampak pada kesehatan dan daya kreasi perempuan. Selain itu, kualitas kesehatan perempuan patut mendapat perhatian secara menyeluruh.

“Perempuan itu adalah tiang negara. Dari perempuan yang sehat dan tangguh, keluarga sejahtera dapat diwujudkan,” ujarnya, dilansir Antara, Rabu (7/2/2024).

Untuk menyelamatkan para ibu dan anak perempuan dari ancaman kanker, dia mengatakan peningkatan pemahaman dan kesadaran akan bahaya kanker payudara mau pun kanker lainnya merupakan suatu keharusan.

Perempuan, lanjut Lestari, memiliki tugas sebagai ibu, pendidik, serta pendamping bagi tumbuh kembang setiap anak yang dilahirkan.

Oleh karena itu, gerakan Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari), sebagai upaya untuk mendeteksi kanker sejak dini, harus dipahami guna menekan risiko menderita kanker payudara.

“Untuk itu, kesenjangan akses kesehatan bagi perempuan harus segera diatasi,” tegasnya.

Pemerintah, kata Rerie, sejauh ini sudah melakukan sejumlah pencegahan dan penanggulangan penyakit kanker, salah satunya dengan meluncurkan Rencana Aksi Nasional (RAN) Eliminasi Kanker Leher Rahim periode 2023-2030, sebagai bagian dari upaya mencapai visi Indonesia bebas dari kanker pada tahun 2030.

“Bila tidak melakukan apa-apa dengan waktu yang tinggal enam tahun ini, sulit untuk merealisasikan bebas kanker di Tanah Air 5. Mari bersama-sama kita memasyarakatkan deteksi dini kanker payudara melalui Sadari dan segera dimulai dari diri kita sendiri,” tandasnya. (ant/sya/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs