Rabu, 1 Mei 2024

PLN Pulihkan Pasokan Listrik Terdampak Cuaca Ekstrem di Jawa Timur

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Petugas Teknik PLN ULP Rungkut melakukan penormalan jaringan listrik pascaterdampak cuaca ekstrem di sekitar UPN “Veteran” Jawa Timur, Surabaya pada Jumat (19/1/2024). Foto: Humas PLN UID Jatim

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur (Jatim) bergerak cepat memulihkan jaringan listrik sekaligus mengamankan instalasi kelistrikan di daerah terdampak cuaca ekstrem pada awal tahun ini.

“Kami telah menyiapkan ratusan personel untuk siap siaga bergerak cepat mengamankan jaringan kelistrikan yang terdampak cuaca ekstrem. Tidak hanya personel, kami juga menyediakan perlengkapan pendukung dengan jumlah yang cukup untuk mempercepat penormalan pasokan listrik,” ujar Agus Agus Kuswardoyo General Manager PT PLN UID Jatim, Kamis (25/1/2024).

Menurut Agus, cuaca ekstrem di Jatim membuat gangguan kelistrikan di Kabupaten Probolinggo, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten Pasuruan, dan Surabaya.

Di Kabupaten Probolinggo, hujan disertai angin kencang menyebabkan enam tiang listrik tegangan menengah roboh pada Jumat (19/1/2024) lalu. Hal ini berdampak pada terganggunya suplai listrik untuk 14.668 pelanggan yang tersebar di tiga desa.

Sedangkan di Pandaan, Kabupaten Pasuruan sebanyak 90 trafo yang menyuplai listrik untuk 10.374 pelanggan di Desa Arjosari, Desa Tawangsari, Desa Baran dan Desa Karanbangkal mengalami gangguan akibat cuaca ekstrem.

Menindaklanjuti prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait adanya peningkatan cuaca ekstrem, Agus juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan berhati hati.

“Jika masyarakat menemukan kondisi berbahaya seperti pohon/spanduk/baliho yang roboh mengenai jaringan listrik PLN, mohon untuk tidak langsung melakukan evakuasi/pemotongan pohon sendiri karena sangat berpotensi bahaya. Segera laporkan kepada kami,” terang Agus. (saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs