Minggu, 28 April 2024

PLN Catat Penjualan Tenaga Listrik di Jatim Sebesar 41,8 GWh Selama 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Petugas PLN sedang mengecek jaringan kabel listrik. Foto: PLN

Sepanjang tahun 2023, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur (UID Jatim) mencatat penjualan tenaga listrik sebesar 41,8 GWh. Capaian ini menunjukkan pertumbuhan positif dari tahun lalu yakni sebesar 3,30 persen.

Agus Kuswardoyo General Manager PT PLN (Persero) UID Jatim, memaparkan pertumbuhan penjualan ini menjadi sinyal positif konsumsi energi listrik yang terus meningkat dari 13,7 juta pelanggan.

“Secara kumulatif penjualan tenaga listrik terbesar disumbang dari segmen tegangan rendah sebesar 24,3 GWh sementara tegangan menengah 13,94 GWh dan tegangan tinggi 3,67 GWh. Khusus untuk segmen tegangan menengah yang banyak menopang sektor bisnis tumbuh sebesar 8,28% dari tahun lalu,” papar Agus dalam keterangannya, Rabu (11/1/2024).

Ia menambahkan pertumbuhan pada segmen industri juga menunjukkan tren positif. Sepanjang tahun 2023, PLN telah memetakan potensi-potensi untuk peningkatan penjualan seperti intensifikasi electrifying lifestyle, electrifying agriculture, dan akuisisi captive power pelanggan industri.

Agus menekankan electrifying agriculture memiliki potensi yang besar dan mampu menumbuhkan ekonomi kerakyatan sejalan dengan program pemerintah.

Hingga Desember 2023, di Jatim terdapat 20.486 pelanggan yang memanfaatkan Electrifying Agriculture dengan total daya tersambung 84.211 kVA.

“Pelanggan-pelanggan electrifying agriculture baru yang semakin masif di Kediri, Ponorogo, Gresik dan Banyuwangi. Alhamdulillah dengan listrik produktivitas pertanian semakin meningkat,” papar Agus.

Diakuinya penambahan SPKLU menjadi 59 unit yang tersebar di 31 lokasi Jatim menjadi sinyal positif PLN untuk memperluas penggunaan kendaraan listrik di Jatim.

“Ke depan, PLN akan terus menggiatkan pemasaran, mencari potensi pasar baru untuk meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan ke pelanggan,” ucapnya.

Ia berharap melalui kehadiran PLN di berbagai sektor dapat menjadi katalisator pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs